Kompas.com - 28/09/2014, 15:14 WIB
EditorI Made Asdhiana
BANDUNG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia berencana untuk mengoperasikan kembali kereta rel listrik pertama di Indonesia yang dikenal "KA Bonbon" di jalur wisata Jakarta Kota - Ancol - Tanjung Priok.

"Kereta rel listrik pertama yang dikenal KA Bonbon sudah direstorasi, sudah bisa hidup. Rencananya akan dioperasikan lagi di jalur wisata Jakarta Kota - Ancol - Tanjung Priok," kata Executive Vice President Heritage, Conservation & Architecture Design PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ella Ubaidi pada HUT ke-69 KA di Bandung, Minggu (28/9/2014).

Ella menyebutkan, sebelumnya KA rel listrik pertama di Indonesia itu tidak dioperasikan lagi dan selama ini tersimpan di Balai Yasa Manggarai.

Namun KA Bonbon masih harus menunggu perizinan dan kelaikan jalan dari otoritas terkait, sebelum kembali beroperasi. "Karena kondisinya sudah tua, maka akan melayani di jalur Kota Tua Jakarta, bila dioperasikan ke jalur KRL Bogor tentunya harus didorong oleh KRL di belakangya," kata Ella.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Kelompok kesenian ondel-ondel
Nantinya KA Bonbon itu akan dinamai Kereta Jokotob. KA tersebut akan menjadi sarana angkutan wisata ke obyek wisata Kota Tua dekat Stasiun Jakarta Kota, kawasan Ancol dan Pelabuhan Tanjug Priok.

"Kami dari Heritage PTKA akan berusaha untuk merestorasi sejumlah lokomotif lainnya. Termasuk salah satunya lokomotif uap B5112 yang sudah hidup dan beroperasi kembali. Lokomotif uap itu akan dioperasikan di jalur heritage di Solo," katanya.

Khusus untuk restorasi lokomotif uap itu, PTKA akan bekerja sama dengan Belanda yang akan memberikan pengetahuan terkait teknis lokomotif uap yang akan direstorasi.

"Pihak Belanda sudah setuju untuk bekerja sama dalam restorasi lokomotif uap. Mereka punya detail teknis dari lokomotif buatan mereka dan memberi pengetahuan bagi pelaksana restorasi KA uap di Indonesia," tambah Ella Ubaidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.