Pulau Kemaro Segera Jadi Primadona Pariwisata di Sumsel - Kompas.com

Pulau Kemaro Segera Jadi Primadona Pariwisata di Sumsel

Kompas.com - 29/11/2014, 13:35 WIB
KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Jalan menuju pagoda sembilan lantai di kompleks Kelenteng Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), sudah mulai dihiasi lampion.

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang menyiapkan obyek wisata baru yaitu Pulau Kemaro. Pulau Kemaro berjarak 40 kilometer dari Kota Palembang sebenarnya bukanlan obyek wisata baru dalam arti sebenarnya, hanya saja memang belum tereksplorasi dengan baik. Saat ini obyek wisata tersebut mulai disiapkan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Sungai Musi.

“Dahulu memang sudah jadi obyek wisata, tapi sempat terbengkalai. Banyak orang datang dan kecewa karena gerbang yang ditutup, tak ada yang menjaga. Kali ini kami coba serius menggarap agar layak didatangi wisatawan. Di sana sudah mulai dibangun cottage dekat dermaga, sudah disiapkan juga beberapa perahu untuk menuju ke sana. Kalau diperkirakan lewat jalur Musi dapat ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan perahu,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang, M. Yanurpan Yany usai pembukaan Pekan Promosi Pariwisata di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Yanurpan menjelaskan kalau dahulu Pulau Kemaro hanya menjual kelenteng dan pagoda sebagai penarik wisatawan akan ditambah lagi dengan obyek-obyek baru, di antaranya cottage, obyek wisata alam, toko souvenir, desa wisata hingga gedung pertunjukan kesenian dan budaya dimana akan menjadi tempat penyelenggaraan pameran dan berbagai macam festival juga hiburan.

Saat ini, proses pembangunan sudah hampir selesai. Yanurpan mengharapkan tahun ini sudah dapat dikunjungi. Tetapi untuk sarana pendukung seperti toko souvenir dan restoran baru akan selesai di tahun depan.

KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM Kompleks Kelenteng dan Pagoda Hok Cing Bio di Pulau Kemaro, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/1/2014), dilihat dari Sungai Musi. Pulau di tengah Sungai Musi ini menjadi tujuan ratusan ribu orang dari sejumlah daerah setiap perayaan Cap Go Meh atau bulan purnama pertama setelah Imlek.

“Rencananya nanti kami juga akan berintegrasi dengan agen perjalanan. Paket wisata lengkap ke Pulau Kemaro untuk wisata minat khusus seperti memancing, menyelam dan membajak. Wisatawan juga dapat menonton atraksi wayang Tiongkok dekat Kelenteng. saat datang ke pulau ini pun mereka akan disambut dengan tarian pembuka tradisional dan juga teater yang dipersembahkan khusus,” lanjutnya.

Dia berharap Pulau Kemaro dapat menarik kunjungan wisatawan di masa depan. “Kami upayakan akan buat sedemikian rupa agar wisatawan tertarik untuk datang ke sini. Paket wisata di Pulau Kemaro ini tentunya sangat menarik karena berada di kawasan yang menyajikan destinasi wisata dan hiburan yang lengkap,” kata Yanurpan Yani.


EditorI Made Asdhiana
Komentar
Close Ads X