Candi Borobudur Dipadati Wisatawan

Kompas.com - 26/12/2014, 10:25 WIB
Candi Borobudur KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOCandi Borobudur
EditorI Made Asdhiana
MAGELANG, KOMPAS.com - Ribuan wisatawan dari berbagai daerah memadati Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada libur Natal, Kamis (25/12/2014).

Kepala Divisi Administrasi dan Keuangan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Aryono Hendro Malyanto, di Magelang, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan pada hari libur Natal ini sekitar 30.000 orang. "Jumlah pengunjung pada libur Natal kali ini hampir sama dengan pengunjung pada hari Minggu (21/12/2014) lalu," katanya.

Ia mengatakan tingginya jumlah pengunjung ini bersamaan dengan liburan anak sekolah.

Aryono menuturkan libur Natal dan Tahun Baru 2015, TWCB mematok padatnya pengunjung mulai 20 Desember 2014 hingga 4 Januari 2015.

Ia mengatakan setiap hari pada liburan tersebut diharapkan jumlah kunjungan antara 25.000 hingga 30.000 orang dari berbagai daerah ke Candi Borobudur.

Tingginya pengunjung tersebut membuat area parkir di TWCB tidak mampu menampung kendaraan dan dialihkan ke kantung-kantung parkir di sekitar Candi Borobudur yang dikelola masyarakat.

"Kami menargetkan jumlah pengunjung selama libur Natal dan Tahun Baru 2015 sebanyak 491.192 orang atau naik lima persen dibanding periode yang sama tahun lalu 485.683 orang," katanya.

Ia mengatakan untuk mendukung pencapaian target tiap hari diadakan pertunjukan kesenian tradisional, terbuka untuk wisatawan di Panggung Lumbini.

Kesenian yang ditamppilkan, antara lain tong tong lek, kuda lumping, prajuritan, dayakan, jathilan, topeng ireng, kubrosiswo, wayang kulit, dan pentas musik keroncong.

Selain itu, ada demo membatik dan demo kerajinan pensil gaul di Museum Samuderaraksa serta demo membuat gerabah di Museum Borobudur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X