Kompas.com - 07/01/2015, 08:08 WIB
Bukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah. BARRY KUSUMABukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi terus mengembangkan kluster wisata di setiap wilayah Jawa Tengah.

"Pengembangan kluster wisata ini terus kami kembangkan dengan harapan semakin banyak masyarakat luar daerah yang tertarik untuk berkunjung di Jawa Tengah, dengan demikian jumlah wisatawan terus tumbuh positif," kata Kepala Dinbudpar Jateng Prasetyo Aribowo di Semarang, Senin (5/1/2014).

Enam kluster wisata yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemprov Jateng yaitu Nusakambangan-Baturaden, Borobudur-Dieng, Solo-Sangiran, Tegal-Pekalongan, Semarang-Karimunjawa, dan Rembang-Blora.

Menurutnya, masing-masing kluster ini memiliki keunikan berbeda yang dipastikan bisa menarik perhatian para penyuka wisata. Beberapa jenis wisata yang ditawarkan mulai di antaranya wisata religi, wisata belanja, dan wisata sejarah.

"Kalau secara nasional sebetulnya Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang banyak disukai masyarakat, bahkan beberapa destinasi wisata Jateng masuk di kluster nasional," katanya.

Empat kluster wisata nasional yang terdapat destinasi wisata Jawa Tengah yaitu Borobudur-Yogyakarta, Semarang-Karimunjawa, Solo-Sangiran, dan Nusakambangan-Pangandaran.

Sementara itu, beberapa upaya pengembangan destinasi wisata tersebut di antaranya mengembangkan atraksi kebudayaan lokal, melalui keberadaan desa wisata unggulan, dan pengembangan potensi MICE terutama Semarang, Solo, Magelang, dan Purwokerto.

"Kami juga berupaya untuk segera merealisasikan pengembangan obyek wisata Jateng Park," katanya.

Melalui berbagai pengembangan tersebut, pihaknya menargetkan pada tahun ini jumlah wisatawan lokal mencapai 29.218.463 pengunjung dan wisatawan asing mencapai 400 ribuan pengunjung.

Sebelumnya, pada kurun waktu dari Januari-November tahun lalu jumlah wisatawan mancanegara mencapai 408.616 pengunjung dengan prediksi hingga akhir tahun mencapai 420.119 pengunjung, sedangkan jumlah wisatawan lokal untuk kurun waktu yang sama realisasinya mencapai 23.106.818 dengan prediksi hingga akhir tahun mencapai 27.850.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.