Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2015, 18:24 WIB
TOMOHON, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara terus mempromosikan potensi wisata daerah ini melalui Tournament International Flower Festival (TIFF) pada Agustus 2015.

"Persiapan ke arah itu sudah dilakukan. Festival bunga internasional ini telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan di pemerintah kota, sekaligus menjadi momentum promosi wisata daerah ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Gerardus H Mogi di Tomohon, Kamis (22/1/2015).

Gerardus optimistis semakin banyak menggelar promosi wisata akan membuka ruang bagi negara-negara asing mengenal lebih dekat Kota Tomohon, sehingga mengajak warganya melakukan kunjungan ke lokasi-lokasi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain yang tersebar di kota ini.

Walaupun tidak merinci secara detail kecenderungan kunjungan wisatawan ke Kota Bunga (sebutan lain Kota Tomohon) setiap tahun, namun festival mirip parade bunga Pasadena Amerika Serikat yang telah digelar beberapa kali ini dinilai mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Kita bisa melihat banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi-lokasi wisata yang ada seperti Gunung Mahawu, Danau Linow, pergelaran tari tradisional, serta makam-makam batu atau waruga. Ini adalah hasil dari promosi wisata yang rutin dilakukan pemerintah kota," katanya.

Gerardus memaparkan, pada tahun ini enam negara akan diundang mengikuti festival ini, namun masih akan dikoordinasikan lagi keikutsertaannya seperti pada pelaksanaan kegiatan sebelumnya.

Bahkan, lanjut Gerardus, promosi ke luar negeri telah dilakukan Kementerian Pariwisata serta Kementerian Luar Negeri untuk menarik minat wisatawan menuju ke Tomohon.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Perkebunan bunga aster dengan latar belakang Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu. Budidaya bunga dan sayuran menjadi salah satu mata pencarian penduduk di Kota Tomohon yang dikelilingi gunung api aktif dan berhawa sejuk.
"Pemerintah Kota Tomohon ingin agar momentum ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh dunia usaha mempromosikan potensi wisata yang ada agar semakin dikenal luas," ujarnya.

Menurut dia, festival bunga internasional telah memberikan dampak ganda bagi masyarakat, pelaku usaha wisata, pelaku usaha perhotelan, industri kecil serta transportasi.

Beberapa agenda TIFF yang dilaksanakan tahun lalu antara lain kontes ratu bunga, pameran pariwisata, perdagangan, investasi, festival seni budaya nusantara, kuliner, pameran fotografi, karnaval budaya dan pawai pembangunan hingga pemilihan putra dan putri Tomohon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com