Kompas.com - 11/03/2015, 14:33 WIB
Pepes jamur di Bogor. WWW.DOYANKULINER.COMPepes jamur di Bogor.
EditorI Made Asdhiana

BOGOR, KOMPAS.com - Sudah sering saya berwisata kuliner di Jalan Surya Kencana, Bogor, Jawa Barat. Kalau ke Bogor, seperti biasa, saya wajib makan Soto Kuning Pak Yusuf, Bakso Kikil Pak Jaka dan Combro. Tapi kali ini saya mau coba makanan khas Bogor yang lain, yaitu aneka pepes yang lokasi jualannya tidak jauh dengan Lumpia Basah Pak Alen.

Padahal setiap wisata kuliner ke sini tentu saya melewati penjual pepes ini, tetapi baru kali ini saya mencobanya. Di sini menjual aneka pepes seperti pepes teri, pepes jamur, pepes peda, pepes ikan mas dan lain-lain. Selain itu di sini menjual pepes sagu pisang, pepes sagu pisang keju dan pepes sagu nangka. Menu lain di sini juga dijual otak-otak dan tape uli.

WWW.DOYANKULINER.COM Pepes sagu pisang di Bogor.

Saya di sini mencicipi langsung pepes sagu pisang, jadi hampir semua menu yang ada disini dibakar. Untuk pepes sagu pisang-nya saya suka banget lho, warnanya coklat, rasanya legit dan terasa manis. Menurut penjualnya yaitu bapak Daniel, dirinya sudah berjaualan pepes sagu sejak 36 tahun yang lalu. Menurut Daniel, pepes sagu ini merupakan satu-satunya di Bogor.

Sedangkan pepes lain saya beli untuk dibawa pulang untuk santap makan di rumah, yakni pepes jamur, pepes teri dan pepes ikan peda.

WWW.DOYANKULINER.COM Pepes teri di Bogor.

Pepes teri-nya enak, sedikit asin dan ada sedikit rasa pedas. Pepes jamur juga enak lho, empuk. Kalau pepes ikan peda memang rasanya asin dan dicampur dengan daun singkong. Sol harga? Pepes Sagu Pisang Rp 2.000, Pepes Teri Rp 9.000, Pepes Jamur Rp 10.000, dan Pepes Peda 14.000.

Pokoknya aneka pepes ini recommended, dan layak untuk Anda coba. Cocok sekali untuk oleh-oleh atau untuk disantap di rumah. Saya juga masih penasaran dengan pepes nangka-nya, kapan-kapan saya pasti akan kembali. (Frans)

WWW.DOYANKULINER.COM Aneka pepes di Jalan Surya Kencana, Bogor, Jawa Barat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X