Kompas.com - 14/03/2015, 17:14 WIB
Pantai Tanjung Kelayang di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (14/3/2015). KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FPantai Tanjung Kelayang di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (14/3/2015).
|
EditorI Made Asdhiana

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Pantai Tanjung Kelayang di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikenal sebagai pintu masuk wisatawan menggunakan kapal ke pulau-pulau kecil ikon wisata Belitung. Namun di pantai ini juga menjadi titik labuh kapal-kapal layar.

"Rencananya kita bangun titik labuh di sini," ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat kunjungan kerja di Tanjung Kelayang, Belitung, Sabtu (14/3/2015).

Tanjung Kelayang menjadi titik labuh kapal-kapal layar (yacht) dari Singapura melewati Batam dan Selat Karimata. Titik labuh tersebut, menurut Arief, ditandai dengan pembangunan dermaga. Sehingga yacht bisa ditambat di dermaga. "Jadi bisa 20 yacht sekaligus," katanya.

Pada tahun 2011, pelabuhan yacht dibangun di Tanjung Kelayang dalam rangka Sail Wakatobi-Belitung. Setiap acara Sail Indonesia yang merupakan acara tahunan, kawasan ini diramaikan oleh yacht dari berbagai negara.

Arief menjelaskan bahwa pada tanggal 19 Maret 2016, Belitung akan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dilintasi fenomena alam yang langka yaitu Gerhana Matahari Total. "Belitung ini menjadi yang paling lama (dilalui gerhana matahari) untuk di darat," katanya.

Acara tersebut diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak kunjungan yacht, selain juga Sail Indonesia. Tahun ini, Indonesia menargetkan kunjungan 1.500 yacht. Sebelumnya di tahun 2014, Indonesia menerima kunjungan 750 yacht.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X