Kompas.com - 11/04/2015, 13:50 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DOMPU, KOMPAS.com - Peristiwa meletusnya Gunung Tambora memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal itu diakui menjadi fokus pengembangan kawasan wisata oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat.

"Kalau ini (Tambora) kan new destination yang bisa dikembangkan dan didesain untuk wisatawan minat khusus. Ada jalur pendakian di Dompu dan di Bima," kata Muhammad Faozal, Kepala Dinas Pariwisata NTB di Doro Ncanga, Sabtu (11/4/2015).

Para calon pendaki Gunung Tambora dapat memilih jalur sesuai minat dan wisata yang ditawarkan di masing-masing jalur pendakian. "Titik pendakian di jalur Ndoro Ncanga bisa digunakan. Kalau mau yang ekstrem bisa lewat Pancasila," katanya.

Pariwisata di sekitar Gunung Tambora pun tak kalah indah. Fauzal juga menuturkan akan mengintegrasikan wisata di wilayah Nusa Tenggara Barat, khususnya Tambora. "Pulau Satonda bisa dicapai dari dekat Tambora, cuma 10 menit. Dari (pantai) Senggigi 6 jam," ungkapnya.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pulau Satonda dengan danau air asin di tengahnya tak jauh dari Gunung tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, 23 Maret 2015. Danau terbentuk akibat tsunami yang tercipta dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815.
Kembali ke jalur pendakian Gunung Tambora, Faozal mengatakan juga perlu memperhatikan infrastruktur yang mendukung. "Jalan menuju Doro Ncanga sudah bagus. Tempat parkir perlu. Konektivitas antar daerah juga masih harus ditingkatkan," ucapnya.

Gunung Tambora telah memasuki umur abad letusan yang pernah menggelapkan dunia. Harian Kompas turut menyemarakkan peringatan tersebut dengan menyelenggarakan acara Tambora Challenge.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.