Kompas.com - 27/07/2015, 17:09 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Hotel robot pertama di dunia siap menerima tamu. Hotel yang berada di Jepang ini berbintang lima dan bernama Henn-na Hotel yang berarti "Hotel Aneh".  Lokasinya berada di Huis Ten Bosch, sebuah taman wisata tematik berlokasi di prefektur Nagasaki.

Di meja resepsionis, robot berbentuk manusia dan berbahasa Jepang akan menyambut tamu. Anehnya, untuk tamu berbahasa Inggris akan dilayani oleh robot berbentuk dinosaurus. Seperti dikutip dari CNN Travel, robot-robot tersebut dapat melakukan percakapan dengan tamu.

Sementara itu, robot-robot lainnya berfungsi untuk membawa tas ke kamar hotel. Ada pula staf robot untuk loker barang dan bagian kebersihan. Hal ini berarti tamu tak perlu memberikan uang tip kepada staf hotel.

Fase pertama hotel ini dibuka dengan total kamar 72. Selanjutnya pada fase kedua, hotel ini akan dibuka sepenuhnya pada tahun 2016 dengan menambah 72 kamar lagi. Menurut Hideo Sawada, Huis Ten Bosch President, pihaknya berharap robot nantinya akan menjalankan 90 persen dari seluruh pekerjaan di dalam hotel.

"Ke depan, kami berharap dapat membangun 1.000 hotel serupa di seluruh dunia," ungkap Sawada kepada Nikkei News, media dari Jepang.


Harapannya di masa depan, Henn-na dapat berkembang menjadi hotel terjangkau yang paling futuristik. Pintu tamu dapat diakses dengan teknologi pengenal wajah. Perlengkapan amenities yang ada di kamar hanya sedikit. Tetapi tamu bisa memesannya melalui tablet yang disediakan.

Sementara itu, alih-alih pendingin ruangan, panel radiasi terpasang di kamar untuk mendeteksi panas tubuh dan mengatur sendiri temperatur yang sesuai. Tenaga surya dan teknologi hemat energi lainnya digunakan untuk mengurangi biaya operasi.

http://www.h-n-h.jp Kamar standard di Henn-na Hotel
Tarif kamar bisa ditawar

Tarif kamar fluktuatif tergantung dari permintaan pasar. Sehingga, hotel ini tidak menerapkan tarif kamar yang tetap. Tamu harus menawar seperti lelang untuk tarif kamar saat musim padat kunjungan. Harga penawaran tertinggi akan mendapatkan kamar tersebut. Walaupun tentu saja ada harga dasar yang ditetapkan sebelumnya.

Pihak hotel menyebutkan tarif kamar saat pembukaan adalah 7.000 yen Jepang (sekitar Rp 793.000) untuk satu kamar tipe standard room. Atau, tarif bisa mencapai 18.000 yen Jepang (atau sekitar Rp 1,9 juta) sebagai harga lelang tertinggi untuk tiga kamar. Harga berbeda untuk kamar tipe superior dan deluxe. Tertarik menginap di hotel ini? Tamu sudah bisa memesannya di situs resmi hotel tersebut, http://www.h-n-h.jp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN Travel


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.