Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Bebas Visa, Kunjungan Wisman ke Kepri Meningkat

Kompas.com - 17/09/2015, 17:22 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kepulauan Riau meningkat di bulan September 2015 pada minggu kedua imbas dari pemberlakuan Bebas Visa Kunjungan Wisatawan. Pada minggu pertama bulan September tercatat 2.184 orang dan kemudian meningkat pada minggu kedua sebesar 9.613 orang berdasarkan data dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Kepulauan Riau.

"Laporan (kunjungan wisman) dari Kepulauan Riau sangat bagus tentang visa free (bebas visa). Pelabuhan yang di Bintan sudah mengalahkan pelabuhan tradisional kita di Batam," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam paparan "Orientasi Jurnalis Pariwisata" di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Menpar menyebutkan jumlah wisatawan mancanegara yang tercatat melalui TPI Pelabuhan Laut Batam Center, Pelabuhan Sekupang, dan Pelabuhan Laut Bandar Bentan Telani. Untuk Pelabuhan Laut Batam Center pada minggu kedua baru mencapai angka 2.000 orang, Pelabuhan Sekupang di angka 1.000 orang, dan Pelabuhan Laut Batam Center di angka 4.000 orang.

"Tiba-tiba (wisatawan mancanegara yang masuk melalui) di Bintan sudah mencapai 4.000 orang. Jauh melebihi dari Batam dan Sekupang," ujarnya.

Kemudian Arief turut mengapresiasi posisi Kepulauan Riau sebagai destinasi wisata. Ia mengatakan Kepulauan Riau sebagai Border Tourism (destinasi wisata di wilayah perbatasan) telah sempurna.

Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang bisa memberikan bebas visa kunjungan kepada orang asing adalah Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Kualanamu (Medan), Juanda (Surabaya), Hang Nadim (Batam), Pelabuhan Laut Sri Bintan, Pelabuhan Laut Sekupang, Pelabuhan Laut Batam Center, dan Pelabuhan Laut Tanjung Uban (Riau).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com