"Agen Jalanan", Berburu Wisatawan Saat Liburan Imlek

Kompas.com - 07/02/2016, 14:03 WIB
Wisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (22/6/2013). Keindahan wisata pantai di sejumlah kawasan di Bali seperti Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua dan Tanjung Benoa masih menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESWisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (22/6/2013). Keindahan wisata pantai di sejumlah kawasan di Bali seperti Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua dan Tanjung Benoa masih menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KUTA, KOMPAS.com - Agen Jalanan, istilah ini jangan dipandang negatif dulu. Sebab, mereka adalah pekerja pariwisata yang mencari wisatawan dengan cara "menjemput bola" atau menawarkan paket wisata di trotoar atau jalan yang dilalui oleh wisatawan.

Seperti yang dilakukan Kadek Ningsih dari Regent Holiday dengan semangat menyapa wisatawan asing untuk menawarkan jasa pembelian tiket, paket tur wisata dan lainnya.

"Ya menawarkan tiket untuk waterboom, pemesanan tiket pesawat, hotel, paket promo restoran, pokoknya semuanya deh. Tapi yang paling banyak sih permintaan paket tur wisata," kata Kata Kadek Ningsih, Kuta, Bali, Sabtu (6/2/2016).

Kadek Ningsih juga menyampaikan bahwa saat ini yang banyak berlibur adalah wisatawan asing asal Tiongkok dan Taiwan, tetapi wisatawan asal Australia masih banyak yang berkunjung. Selain itu wisatawan dari Eropa.

"Sekarang banyak yang dari China, Taiwan juga. Australia juga masih banyak yang datang. Ini sejak Januari lalu sudah ramai," tambahnya.

Memang benar, pantauan Kompas.com di sekitar kawasan Kuta tepatnya di depan Pasar Seni Desa Adat Kuta, wisatawan didominasi oleh wisatawan asing. Mereka baik yang sendirian, berdua, maupun rombongan, tampak memadati trotoar baik menuju ke arah Pantai Kuta yang jaraknya 20 meter maupun menuju kawasan pertokoan dengan prodik-produk bermerek.

Kawasan di Jalan Kartika Plaza suasananya tidak jauh beda dengan lokasi Pantai Kuta yang terletak di Jalan Pantai Kuta menuju arah Legian. Bedanya, di sini wisatawan terbilang banyak namun tetap bisa menikmati suasana pantai dan pasar seni dengan tanpa merasa terganggu oleh kemacetan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X