Kompas.com - 04/03/2016, 00:01 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar atraksi budaya menyambut dan memeriahkan fenomena alam gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Menurut Kementerian Pariwisata gempa di Mentawai yang terjadi pada Rabu (3/3/2016), tidak membatalkan atraksi budaya tersebut.

"Tidak, semua berjalan sesuai rencana. Festival Mentawai tetap digelar sesuai rencana," ungkap Raseno Arya, Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal yang asli Padang, Sumbar itu, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima KompasTravel.

Sebelumnya Dinas Pariwisata Mentawai merencanakan akan mengadakan pertunjukan kesenian, kuliner, permainan tradisional, dan doa bersama lintas agama pada malam sebelum gerhana.

"Seluruh kegiatan untuk menyambut gerhana matahari total akan dipusatkan di Desa Silabu, Pulau Pagai Utara, sehari sebelum gerhana kami akan menampilkan berbagai atraksi budaya khas Mentawai," Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mentawai, Desti Seminora di Tuapejat kepada Antara, Senin (29/1/2016).

Ia menjelaskan, kegiatan yang bertajuk "Mentawai Total Solar Eclipse 2016" itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut festival pesona Mentawai yang akan digelar pada 19 sampai 21 April 2016.

Desti menambahkan, selain menggelar berbagai kegiatan menyambut GMT 2016 tersebut, pihaknya juga akan membagikan kacamata dan melakukan sosialisasi tentang fenomena gerhana matahari kepada masyarakat.

"Selain pengamatan gerhana, kegiatan tersebut juga diisi dengan penampilan seni, kuliner tradisional, kembang api dan ibadah lintas agama," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.