Kompas.com - 01/04/2016, 15:00 WIB
ILUSTRASI - Mick Honegger saat beraksi di atas panggung Festival Sate Indonesia. ABC InternationalILUSTRASI - Mick Honegger saat beraksi di atas panggung Festival Sate Indonesia.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

PURWAKARTA, KOMPAS.com – Pemkab Purwakarta akan menggelar Festival Bela Diri Dunia. Sedikitnya, enam negara sudah tiba di Purwakarta untuk perhelatan ini. Yakni Brazil, India, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan Indonesia.

“Rangkaian kegiatan sudah dimulai hari ini. Tapi puncaknya akan dilaksanakan besok Sabtu (2/4/2016),” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jumat (1/4/2016).

Dedi menjelaskan, bela diri sengaja dipilih olehnya sebagai bentuk pelestarian kesenian khas Indonesia, pencak silat. Namun yang ditampilkan dalam festival ini bukan hanya kegiatan fisik, tetapi juga estetikanya.

“Kami lebih menampilkan sisi art-nya bukan fighting-nya,” tuturnya.

Sebab, seorang maestro bela diri tak hanya pandai beradu otot, tetapi juga mampu mempertontonkan gerakan indah yang memukau. Rencananya, acara puncak festival ini akan dihadiri Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Cecep Arief Rahman.

Dedi memberi jaminan, festival ini akan berjalan seru dan indah. Sebab, festival tersebut akan digelar di Taman Sri Baduga tempat air mancur andalan Purwakarta berdiri. Jadi, penonton bisa melihat keindahan bela diri diiringi kecantikan air mancur.

Sebagai permulaan festival ini, 88 orang dari kontingen enam negara bersepeda santai menyusuri jalan-jalan protokol kota Purwakarta. Mereka menempuh trek 5 kilometer, dari Taman Pancawarna Pendopo Purwakarta menuju Jalan R.E. Martadinata.

Sepeda santai ini juga menyusuri jalan-jalan besar lainnya dan mengakhiri perjalanan kembali ke Taman Pancawarna. Setelah bersepeda, rombongan diajak melepas lelah sambil menikmati sarapan di area Pendopo Purwakarta.

Mereka dijamu dengan menu sarapan khas Purwakarta seperti soto, surabi, mie kocok , dan es cendol . Sajian ini memang sengaja dihidangkan untuk memperkenalkan bermacam menu kuliner khas Purwakarta.

"Saya sangat senang bisa datang ke Purwakarta dan mengikuti festival ini. Selain warganya ramah, kotanya bagus dan bersih, makanannya juga enak sekali," kata Lee Seung Jin salah satu anggota delegasi Korea Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.