Kompas.com - 23/05/2016, 08:08 WIB
Kursi pelantikan tetua adat yang terbuat dari batu. KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKEKursi pelantikan tetua adat yang terbuat dari batu.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BUTON, KOMPAS.com - Pulau Buton terkenal dengan sebutan seribu benteng. Betapa tidak, selain di Kota Baubau dan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, juga terdapat beberapa benteng lainnya.

Salah satunya seperti benteng Lipuogena Takimpo yang berada di Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Benteng Lipuogena Takimpo ini berada di atas perkampungan warga. Tepatnya berada di daerah perbukitan dengan memakan waktu sekitar 15 menit saja dari perkampungan warga.

Ketika berada di atas, terdapat pintu gerbang benteng yang berdiri dengan kokohnya. Ketika memasuki ke dalam benteng ini, hijauan pepohonan yang masih tumbuh lebat di sekitar benteng yang disebut Benteng Takimpo.

Selain itu dari jauh, Teluk Laut Pasarwajo terlihat sangat indah dari atas benteng tersebut. Menurut seorang warga sekitar, Wa Aeta (45), Benteng Takimpo ini mempunyai lima buah pintu kecil atau bahasa setempatnya disebut Lawa. Lawa tersebut yakni, Lawa Naemata, Lawa Sampu, Lawa Nawakeke, Lawa Kolowundanga, dan Lawa Pibuni.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Benteng Takimpo yang berada di Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, salah satu benteng pertahanan kesultanan buton
“Di dalam benteng juga terdapat galampa atau tempat adat. Jadi kalau pesta kampung, akan dilakukan dulu di dalam benteng kemudian akan dilanjutkan ke kampung. Kata orang, benteng ini biasa disebut juga benteng pertahanan Kesultanan Buton,” kata Wa Aeta, Minggu (22/5/2016).

Selain itu, di dalam benteng juga terdapat tempat duduk tetua adat yang terbuat dari batu. Tidak dijelaskan secara terperinci, namun menurut Wa Aeta, tempat duduk tetua adat tersebut sebagai tempat duduk pelantikan ketua adat atau parabela kampung.

“Ada juga turis duduk di situ dan berfoto di atas batu itu. Memang batu itu untuk melantik parabela,” ujarnya.

Nah, bila Anda yang tengah berada di Pulau Buton, sempatkan waktu melihat langsung Benteng Takimpo tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.