Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Pancasila, "Base Camp" Pendaki di Gunung Tambora

Kompas.com - 01/06/2016, 15:21 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

DOMPU, KOMPAS.com - Ada dua jalur yang bisa dilalui pendaki Gunung Tambora di Sumbawa: Doropeti dan Pancasila. Mayoritas pendaki naik lewat Desa Pancasila, yang penduduknya merupakan transmigran dari berbagai wilayah di Indonesia.

Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa, tepatnya antara Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Pendaki bisa mencapai puncaknya (2.851 mdpl) lewat dua jalur yakni Doropeti (Bima) dan Pancasila (Dompu). Namun, kebanyakan pendaki memilih naik lewat Desa Pancasila.

Nama 'Pancasila' rupanya punya sejarah tersendiri. Hal itu diungkapkan Syaiful Basri, petugas registrasi pendakian Gunung Tambora sekaligus pemilik penginapan di base camp Desa Pancasila.

"Dulu waktu zaman Soeharto, ada pemerataan penduduk. Orang-orang dari seberang terutama Jawa transmigrasi ke pulau-pulau seperti Sumbawa ini," tuturnya kepada KompasTravel di tengah ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' beberapa waktu lalu.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Atlet maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam di gerbang pendakian Gunung Tambora.
Syaiful melanjutkan, nama 'Pancasila' diberikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) medio 1980-an. Dinamakan 'Pancasila' karena penduduk desa tersebut terdiri dari berbagai suku bangsa.

"Jadilah sampai sekarang namanya Desa Pancasila," tambah dia.

Desa yang terletak di ketinggian sekitar 600 mdpl ini tidak bisa dibilang ramai. Hanya ada beberapa rumah yang mengelilingi lapangan besar di tengah desa. Sebuah masjid berukuran cukup besar berada di salah satu sisi lapangan. Sapi-sapi tampak asyik merumput di berbagai sudut lapangan. 

Base camp pendaki yang dikelola Syaiful juga menempati salah satu sisi lapangan tersebut. Desa Pancasila memang merupakan area terdekat dengan Pintu Rimba. Meski begitu, akses menuju desa ini bisa dibilang gampang-gampang susah.

Transportasi laut dan udara harus dilanjutkan dengan perjalanan darat. Pendaki yang datang lewat Pelabuhan Pototano harus melanjutkan perjalanan selama 8 jam menggunakan mobil carteran. Jika datang lewat Bandara Bima, harus melanjutkan perjalanan sekitar 4-5 jam menggunakan bus umum yang beroperasi sampai pukul 16.00 WITA.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Atlet maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam sesaat usai turun dari Gunung Tambora di NTB.
Meski namanya merupakan 'peninggalan' rezim Orde Baru, nama 'Pancasila' sedikit banyak berpengaruh terhadap kerukunan antar penduduk.

"Dari awal desa ini tumbuh, sekitar tahun 1970-an, kerukunan antar suku bangsa benar-benar dijunjung. Desa yang isinya para transmigran bisa rukun," tutur Syaiful.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com