Kompas.com - 30/06/2016, 09:11 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Daripada memelihara di akuarium, ada baiknya kita melihat ikan hias langsung di laut lepas. Ada empat spot snorkeling untuk melihat Nemo, Dory dan kawan-kawan di habitat asli mereka.

Tentunya Anda familiar dengan film animasi Finding Nemo, juga Finding Dory yang tengah tayang di bioskop. Ikan hias seperti clown fish (karakter Nemo) dan blue tang (karakter Dory) bisa ditemukan di perairan Indonesia.

Beberapa spot snorkeling menyuguhkan pemandangan "kerajaan bawah air" termasuk kawanan clown fish dan blue tang. Namun ingat, tak boleh menginjak terumbu karang atau memegang biota laut apa pun.

Dihimpun KompasTravel, Rabu (29/6/2016), berikut empat spot snorkeling di Indonesia untuk bertemu Nemo, Dory dan kawan-kawan.

Pulau Pahawang

Secara administratif, Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Nama Pahawang mulai mencuat di kalangan wisatawan karena banyaknya tulisan "I Love Pahawang" dan semacamnya yang sengaja ditenggelamkan ke bawah laut.

Pulau ini punya banyak spot snorkeling terutama bagi Anda yang penasaran melihat clown fish secara langsung. Taman Nemo misalnya, menjadi habitat clown fish karena adanya beton yang sengaja ditenggelamkan untuk jadi "rumah" bagi terumbu karang dan biota laut lainnya.

(Baca: Akhir Pekan, Ini 4 Alasan Liburan ke Pahawang)

Beberapa spot lainnya antara lain Cukuh Bedil, Tanjung Putus, Gosong Bakri, Gosong Pancong, juga Gosong Galangan. Hampir setiap spot punya beton bertuliskan "I Love Pahawang" untuk jadi habitat baru biota laut.

KOMPAS.com/Sri Anindiati Nursastri Snorkeling di Pahawang, Lampung.

Pulau Pahawang bisa diakses naik pesawat menuju Bandar Lampung. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan darat sekitar 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan, Anda bisa sewa kapal dengan harga sekitar Rp 2 juta PP. Satu kapal bisa diisi hingga 30 orang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.