Kompas.com - 04/08/2016, 18:20 WIB
Pemandangan pusat Kota Jayapura dari bukit di daerah Polimak, Distrik Jayapura Selatan. Jayapura merupakan pusat pemerintahan Provinsi Papua yang juga mempunyai nama lain Port Numbay. KOMPAS/FABIO M LOPES COSTAPemandangan pusat Kota Jayapura dari bukit di daerah Polimak, Distrik Jayapura Selatan. Jayapura merupakan pusat pemerintahan Provinsi Papua yang juga mempunyai nama lain Port Numbay.
EditorI Made Asdhiana

JAYAPURA, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Jayapura, Papua menawarkan paket wisata "Tour The Youtefa" selama penyelenggaraan Festival Teluk Humbold pada 3-7 Agustus 2016.

"Melalui Tour The Youtefa, panitia menyediakan speed boat untuk mengelilingi Teluk Youtefa dengan membayar Rp 50.000, sementara ini ada lima speed yang disediakan," ujar Kepala Disbudpar Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw di Jayapura, Rabu (3/8/2016).

Ia menjelaskan paket wisata yang baru dibuat itu adalah sebuah proyek uji coba yang bila mendapat respons bagus dari masyarakat akan dipermanenkan.

"Kita ini sekalian uji coba, kalau ternyata ramai ya kita dorong masyarakat adat di Kampung Tobati dan Enggros untuk menggunakan speednya melayani pengunjung," katanya.

Sementara untuk penyelenggaraan Festival Teluk Humbold 2016, ia mengklaim bahwa setidaknya akan ada 30 wisatawan mancanegara (wisman) menyaksikan kegiatan tersebut.

"Dari travel agent menginformasikan sudah ada 30 turis asing yang pasti datang pada 6 Agustus 2016," ujarnya lagi.

Ia meyakini jumlah tersebut akan bertambah karena akan wisman lain yang ingin menyaksikan Festival Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya namun akan menginap dahulu di Kota Jayapura.

"Lalu ada turis yang menuju Festival Lembah Baliem akan datang ke Jayapura dulu. Tahun lalu ada 27 turis asing, sementara total pengunjungan lebih dari 2.000 orang," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.