Musical Instrument Museum, 15.000 Alat Musik yang Menyatukan Manusia

Kompas.com - 16/10/2016, 09:46 WIB
CHAPPY HAKIM"Musik adalah bahasa jiwa" terpampang di salah satu dinding di Musical Instrumen Museum, Arizona, Amerika Serikat.
EditorHeru Margianto

Di antara beraneka ragam macam museum, ternyata ada juga museum yang memperagakan sekian banyak instrumen musik yang berasal dari berbagai penjuru atau pelosok dunia.

Museum tersebut, satu diantaranya adalah MIM (Musical Instrument Museum). MIM terletak di Phoenix, Arizona, dan secara resmi telah dibuka untuk umum sejak tahun 2010.

Museum ini tercatat sebagai museum alat musik terbesar di dunia dengan koleksi lebih dari 15.000 alat musik berbagai jenis yang dikumpulkan dari berbagai negara dan mewakili semua benua.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Brazil, Meksiko, China, India dan Rusia bahkan menampilkan berbagai macam alat musik yang berasal dari penduduk suku bangsa asli masing-masing.

Pendiri museum ini adalah Robert J Ulrich, seorang Amerika kelahiran tahun 1944 mantan CEO dan Chairman dari “Target Operation” sebuah perusahaan retail kondang dan terbesar kedua di Amerika Serikat.

Ulrich, adalah seorang kolektor barang-barang seni Afrika yang bersama dengan temannya, Marc Felix, mendirikan museum ini. Keduanya terinspirasi setelah mengunjungi museum alat musik di Brussel, Belgia.

Rancang bangun MIM dikerjakan dengan banyak meniru dan bahkan dikonsultasikan dengan para ahli pada museum sejenis yang ada di Perancis, Musée de la Musique.

Biaya pembangunannya sebesar 250 juta dolar AS, terdiri dari dua lantai yang dirancang dengan penuh pencahayaan dan desain yang amat canggih.

Alat musik tiap negara, baik yang modern maupun asli, ditampilkan dalam sebuah layar datar hight resolution dengan suguhan atraksi yang menarik.

Alat pemandu nirkabel

Para pengunjung museum dapat menikmati dengan mendengarkan suara dari aneka ragam alat musik tersebut melalui alat pemandu berupa headset yang tersambung secara nirkabel dengan televisi-televisi itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X