Bandara Soekarno-Hatta Paling Terkoneksi di Asia Pasifik, Peringkat Ke-7 di Dunia

Kompas.com - 05/12/2016, 06:10 WIB
Suasana di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/8/2016).Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi sepenuhnya hari ini. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/8/2016).Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi sepenuhnya hari ini.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Banten, baru saja diumumkan sebagai bandara paling terkoneksi di Asia Pasifik oleh perusahaan intelijen perjalanan udara yang berbasis di Inggris, OAG.

Bahkan, Bandara Soekarno-Hatta masuk peringkat ke-7 bandara paling terkoneksi di dunia, bersanding dengan sembilan bandara di Amerika Serikat.

Dilansir dari situs OAG, Minggu (4/12/2016), tingginya konektivitas bandara yang masuk dalam daftar ini dipengaruhi oleh jumlah total koneksi penerbangan inbound dan outbound. Kemudian, hasilnya dibagi menjadi tabel berdasarkan lokasi daerah dan jenis maskapai.

BACA JUGA: Bandara Paling Dekat dengan Pusat Kota, Bisa Jalan Kaki...

Pada waktu tersibuk, Bandara Soekarno-Hatta dapat menerima lebih dari 40.000 koneksi potensial antar-penerbangan dalam kurun waktu enam jam. Ini berarti Bandara Soekarno-Hatta menghubungkan para penumpang pesawat ke 71 destinasi berbeda.

"Ada pertumbuhan dinamis yang terus berlanjut di daerah Asia Pasifik, dengan semakin banyaknya pasar udara yang dibuka. Hal ini cukup mengesankan. Bandara Soekarno-Hatta saat ini melakukan konektivitas tingkat tinggi seambil melakukan pembangunan infrastruktur terminal secara luas. Permintaan dari dalam dan luar Indonesia semakin meningkat, dan ini adalah tantangan yang jelas bagi bandara untuk terus mengikuti kecepatan ini," kata Manajer Produk OAG EVP, Mark Clarkson.

BACA JUGA: Sampai 146 Km, Inilah 10 Bandara Terjauh dari Pusat Kota

Dalam lima tahun ke depan, Bandara Soekarno-Hatta berencana terus melakukan perbaikan. Dana sebesar Rp 30 triliun diperlukan agar Bandara Soekarno-Hatta menjadi pusat transit internasional sekaligus bandara bintang lima.

Berikut 10 bandara paling terkoneksi di Asia Pasifik berdasarkan OAG:

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Indonesia
2. Bandara Haneda, Jepang
3. Bandara Sydney, Australia
4. Bandara Internasional Indira Gandhi, India
5. Bandara Changi, Singapura
6. Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji, India
7. Bandara Internasional Hongkong, Hongkong
8. Bandara Melbourne, Australia
9. Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia
10. Bandara Internasional Capital Beijing, China.

Sementara itu, 10 bandara paling terkoneksi peringkat dunia adalah:

1. Bandara Internasional O'Hare, Chicago, AS
2. Bandara Internasional Hartsfield Jackson, Atlanta, AS
3. Bandara Internasional Fort Worth, Dallas, Texas, AS
4. Bandara Internasional Denver, Colorado, AS
5. Bandara Internasional Charlotte Douglas, North Carolina, AS
6. Bandara Internasional Los Angeles, AS
7. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Indonesia
8. Bandara Internasional Tacoma, Seattle, AS
9. Bandara Internasional San Fancisco, AS
10. Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor, Arizona, AS.



Sumber ,Telegraph,OAG
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X