Kompas.com - 18/01/2017, 05:06 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Warga beberapa negara seperti Jerman, Singapura, Swedia, dan Jepang boleh berbangga. Paspor milik mereka termasuk dalam deretan paspor terkuat di dunia. Mereka mendapatkan bebas visa ke 147-159 negara di dunia.

BACA JUGA: 10 Negara dengan Paspor Terkuat Tahun 2017

Namun, beberapa negara punya paspor yang sangat lemah. Situs Passport Index merangkum data kuat dan lemahnya paspor sebuah negara berdasarkan Visa-Free Score (VFS), yang merupakan gabungan dari jumlah visa free atau bebas visa (VF) dan visa on arrival (VOA).

Ini adalah data terbaru (tahun 2017) yang dikeluarkan Passport Index. Jumlah negara yang berpartisipasi adalah 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan enam wilayah teritorial (Taiwan, Macau, Hongkong, Kosovo, Palestina, dan Vatikan) sehingga dihitung menjadi 199 negara.

Berdasarkan perhitungan tersebut, Afghanistan adalah negara pemilik paspor terlemah. Warga negara tersebut hanya mendapatkan bebas visa ke 23 negara. Bandingkan dengan Indonesia yang memiliki bebas visa ke 57 negara.

Paspor Pakistan juga sama lemahnya, dengan bebas visa hanya ke 26 negara. Selain itu ada pula Irak (28 negara), Suriah (29 negara), Somalia (30 negara), Ethiophia (34 negara), dan Sudan Selatan (34 negara). 

BACA JUGA: Mengapa Harga E-Paspor Lebih Mahal Dibanding Paspor Biasa?

Berikut 10 negara dengan paspor terlemah di dunia tahun 2017: 

1. Afghanistan (23 negara)

2. Pakistan (26 negara)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.