Kompas.com - 28/02/2017, 20:03 WIB
Jika air surut, wisatawan bisa menyeberang dari Pahawang Besar ke Pahawang Keil lewat pasir timbul. Pahawang terletak di Lampung. KOMPAS.com/Sri Anindiati NursastriJika air surut, wisatawan bisa menyeberang dari Pahawang Besar ke Pahawang Keil lewat pasir timbul. Pahawang terletak di Lampung.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan bersama anggota keluarga tentu menyenangkan. Momen jalan-jalan dan canda tawa selalu ditunggu-tunggu baik oleh ayah, ibu, saudara kandung, atau anak.

Anda bisa memilih destinasi wisata yang mainstream atau anti-mainstream. Jika bosan dengan Bali, Yogyakarta, atau Malang, masih ada opsi destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi.

KompasTravel punya beberapa destinasi wisata anti-mainstream untuk liburan bersama keluarga. Ada wisata bahari di Lampung, mengunjungi pasar tradisional di Banjarmasin, hingga pergi ke Ternate.

BACA: Ke Mana Destinasi Liburanmu Berikutnya? Tentukan di Sini

Jika Lampung adalah pilihan Anda, Pulau Pahawang adalah opsi yang tepat. Pulau Pahawang di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Ada spot untuk snorkeling dan pantai yang berpasir putih untuk tujuan wisata di Pahawang.

KOMPAS IMAGES / FIKRI HIDAYAT Pasar terapung Sungai Martapura di pusat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 23 Maret 2014. Berbeda dengan pasar terapung lainnya di Kalsel, pasar terapung yang baru ada setahun ini sengaja diadakan tiap minggu pagi berbarengan dengan kegiatan car free day.
Aktivitas favorit di Pahawang yang bisa dicoba bersama keluarga tentu saja snorkeling. Bersantai di pantai juga bisa jadi opsi bersama keluarga.

Nah, pergi ke wilayah Indonesia tengah, Anda bersama keluarga bisa datang ke Pasar Terapung di Banjarmasin. Ada banyak wisata yang bisa dilakukan di sungai, seperti membeli aneka jajanan di pasar terapung hingga rekreasi seru-seruan di sungai. 

Anda bersama keluarga bisa datang pagi hari di muara Sungai Barito untuk melihat pasar terapung yang legendaris. Anda bisa menikmati pagi sambil melihat aktivitas pasar terapung juga mengunjungi obyek wisata lain seperti Pulau Tengah.

Di wilayah Indonesia bagian timur, Ternate menawarkan wisata keluarga yang menarik. Rekreasi bersama keluarga mengunjungi Ternate akan membawa Anda pada wisata alam, budaya, dan sejarah yang menarik.

KOMPAS.com / Roderick Adrian Mozes Benteng Tulloco, Maluku.
Di sana, Anda bersama keluarga bisa mengunjuni benteng-benteng serta sakralnya mahkota Sultan Ternate yang terbuat dari rambut, lempengan emas, dan dihiasi lebih kurang 113 batu permata. Ada beberapa benteng yang bisa dikunjungi seperti Benteng Oranye dan Hollandia.

Masih ingin mencari destinasi wisata anti-mainstream untuk liburan bersama keluarga? Tak perlu khawatir, KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda.

Destinasi wisata mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia, yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara, yakni Raja Ampat dan Papua terangkum di Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/.

Semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy tersedia di VIK Vakansi Indonesia. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.