Mau Lihat Paus, Lumba-Lumba, atau Dugong di Habitatnya? Coba ke Sini

Kompas.com - 28/03/2017, 09:49 WIB
Anak-anak nelayan bercanda dengan hiu paus di pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. KOMPAS.com/ROSYID AZHARAnak-anak nelayan bercanda dengan hiu paus di pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai negara maritim dengan luas wilayah dua per tiga lautan, wisata bahari di Indonesia memang jempolan. Bukan hanya pemandangan bawah laut yang memesona, wisatawan juga dapat menyaksikan mamalia laut, seperti hiu paus, lumba-lumba, dan dugong di habitatnya langsung.

(BACA JUGA: Jangan Sembarangan, Ini Panduan Melihat Mamalia Laut di Laut Lepas)

KompasTravel merangkum beberapa lokasi di Indonesia yang daya tariknya adalah mengamati mamalia laut secara langsung. Namun perlu dicatat, jenis wisata ini adalah wisata yang bertanggung jawab dengan panduan ketat agar tak berbahaya bagi wisatawan dan mamalia laut itu sendiri.

Jadi sebelum berwisata, pastikan membaca dulu panduan dan cari tahu cara kelola wisata mengamati mamalia laut tersebut. Berikut lokasinya:

1. Teluk Kiluan, Lampung

Berada di ujung Pulau Sumatera, sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung, itulah lokasi Teluk Kiluan. Bisa dibilang Teluk Kiluan adalah lokasi terdekat untuk mengamati lumba-lumba dari Jakarta. Tak heran banyak wisatawan dari Jakarta yang menghabiskan akhir pekan di Teluk Kiluan. 

2. Pantai Lovina, Bali

Salah satu lokasi tersohor untuk mengamati lumba-lumba di Bali. Berada di Kabupaten Buleleng, bagian utara Bali. Saat paling tepat untuk melihat kelompok lumba-lumba berenang di Pantai Lovina adalah di luar high season, Mei-Juli. Musim tersebut ramai wisatawan, banyak perahu yang berebut mengamati lumba-lumba.

3. Botubarani, Gorontalo

Terletak di Pantai Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, wisatawan dapat melihat ikan hiu paus secara langsung. Meski ikan hiu paus sempat menghilang dari pantai pada tahun 2016, ikan hiu paus sudah kembali ke Pantai Botubarani.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X