Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2017, 13:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LUMAJANG, KOMPAS.com - Kabupaten Lumajang, Jawa Timur bisa jadi opsi destinasi liburan Anda bersama teman maupun keluarga. Ada sederet obyek wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, edukasi, sampai sejarah.

KompasTravel sempat berkeliling Lumajang dalam agenda Familiarization Trip Lumajang Tourism beberapa waktu lalu. Berikut KompasTravel berikan rekomendasi beberapa tempat wisata tak boleh terlewatkan saat berada di Lumajang.

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Obyek pertama yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dinamakan Tumpak Sewu lantaran disebut-sebut punya seribu aliran air dan bila diartikan dalam bahasa Jawa adalah sewu.

Wisatawan bisa mengunjungi Pos Panorama dan lembah Air Terjun Tumpak Sewu. Di Pos Panorama, wisatawan bisa menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian.

Menyambangi lembah Air Terjun Tumpak Sewu perlu usaha ekstra, yaitu trekking di jalur yang terjal.

(BACAAir Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Niagara-nya Indonesia

Wisatawan menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017).
2. Perkebunan Teh Kertowono

Perkebunan Teh Kertowono ada di wilayah Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Luas wilayah Perkebunan Teh Kertowono sekitar 2.267,97 hektar.

Dari Kota Lumajang, Perkebunan Teh Kertowono berjarak sekitar 55 kilometer. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Wisatawan dengan minat khusus bisa menjajal medan perkebunan teh dengan motor trail. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain sepeda di kebun teh.

(BACA: Wisata di Perkebunan Teh Kertowono, Apa Saja Aktivitasnya?

Suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
3. Jembatan Gladak Perak

Jembatan Gladak Perak terletak di perlintasan jalur selatan Kabupaten Lumajang-Malang. Di sana, Anda bisa sekadar berfoto ataupun duduk bersantai menikmati makanan dan minuman ringan dengan latar belakang perbukitan nan hijau.

Jembatan dengan panjang sekitar 100 meter tersebut membentang di di atas permukaan Sungai Besuk Sat, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com