Kompas.com - 22/09/2017, 06:58 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kekayaan kuliner yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia berpotensi menjadi destinasi wisata kuliner pilihan bagi turis mancanegara. Cerita di balik makanan-makanan Indonesia mulai dari sejarah hingga resep pun bisa menjadi daya tarik.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa pengeluaran turis mancanegara ketika berwisata di Indonesia rata-rata sekitar Rp 5,3 juta dengan rata-rata lama berlibur antara 4 hingga 5 hari.

(BACA: Di Mana dan Apa Makanan Favorit Turis Mancanegara saat Wisata Kuliner?)

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengatakan selama mereka berlibur di Bali misalnya, pengeluaran rata-rata sekitar 300-400 dollar AS per orang antara lain untuk biaya menginap (akomodasi), makan, paket tur, dan belanja buah tangan atau cinderamata.

"Data yang saya punya kualitatif dan observasi. Kuliner dan belanja itu bisa jadi primary motivation untuk daerah tertentu. Kuliner dan shopping itu bagian dari perjalanan wisata. Kuliner bisa jadi bagian penting dari cenderamata. Kuliner itu bukan hanya mendatangkan wisatawan tapi bisa memperbesar spending-nya," ujar Pitana di sela-sela acara "Workshop Strategi Pemasaran Wisata Kuliner dan Belanja dalam Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara" di Jakarta, Selasa (19/9/2017) lalu.

(BACA: Wisata Kuliner dan Belanja Daya Tarik Wisman Berlibur ke Indonesia)

Segmen pasar wisata kuliner yang ingin diraih pun masih abu-abu. Pihak Kementerian Pariwisata masih mencoba meraba-raba kolam wisatawan mancanegara.

"Sudah berapa persenkah wisata kuliner jadi alasan wisata, saya belum tahu," lanjut Pitana.

Soto banjar, kuliner khas kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan sate ayam.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Soto banjar, kuliner khas kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan sate ayam.
Cita-cita muluk untuk menjadikan kuliner Indonesia sebagai daya tarik utama pun masih harus banyak bertemu jalan yang terjal. Sederet tantangan seperti pengemasan cerita makanan, higienitas, dan paket-paket wisata kuliner harus terus dikembangkan.

(BACA: Ini 10 Destinasi Wisata Kuliner Prioritas di Indonesia)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.