Kompas.com - 29/09/2017, 07:06 WIB
Seekor panda di Wolong Panda Base, China KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENASeekor panda di Wolong Panda Base, China
|
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com - Indonesia mendapatkan pinjaman sepasang panda raksasa dari China. Kamis (28/9/2017) kedua panda bernama Cai Tao dan Hu Chung itu tiba di Indonesia setelah diterbangkan dari Wolong Giant Panda Reserve (Wolong Panda Base) bagian dari Wolong National Nature Reserve, China.

Wolong National Nature Reserve yang terletak di Wenchuan, Provinsi Sinchuan dikenal sebagai Kerajaan Panda. Seperti dikutip dari Chinadicovery.com, hal ini karena 60 persen total panda di dunia berada di taman nasional ini. Adapun Wolong Giant Panda Reserve yang mempunyai luas 150 hektar merupakan pusat pengembangbiakkan terbesar untuk panda raksasa.

Menurut Humas Wolong Giant Panda Reserve Wendy Wang saat Kompas.com mengunjungi fasilitas itu, jumlah panda yang berada di fasilitas yang pernah rusak akibat gempa 2008 ini, mencapai 30 panda.

"Mereka ada di area breeding yang tertutup untuk umum dan panda yang bisa dilihat oleh publik," ucap dia di Wolong, Senin (25/9/2017).

Adapun Cai Tao dan Hu Chung dipinjamkan ke Indonesia selama 10 tahun dalam program breeding loan dikarantina di fasilitas ini lebih dari sebulan lalu.

Baca juga: Dua Panda Raksasa Asal China Tiba di Indonesia

Papan petunjuk mengani Giant Panda Park, di Wolong, China.KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Papan petunjuk mengani Giant Panda Park, di Wolong, China.
Wolong Panda Base berada di wilayah Pegunungan Qionglai berjarak sekitar 120 km dari Chengdu, ibukota Provinsi Sinchuan, China. Bila Anda tertarik melihat kelucuan aksi-aksi panda ini, Anda bisa terbang ke Bandara Internasional Shuangliu, Chengdu. Dari Chengdu, Wolong bisa ditempuh selama 2 jam dengan mengendarai mobil.

Jalan menuju Wolong lumayan mulus, dihiasi terowongan-terowongan panjang menembus perut bumi. Panda Wolong Base berada di jalan 303 Provincial. Lokasi tempat konservasi sekaligus edukasi ini berada sekitar 1.600 meter dari jalan utama.

Untuk masuk tempat yang juga disebut China Giant Panda Park ini Anda harus membeli tiket di Visitor Center seharga 90 yuan (sekitar Rp 180.000) per orang.  Visitor Center sendiri merupakan bangunan dengan ruangan terbuka yang lumayan besar. Selain tempat penjualan tiket, terdapat juga restoran, toko suvenir, dan toilet.

Setelah Anda membeli tiket masuk, Anda belum bisa langsung masuk menyaksikan kelucuan tingkah polah hewan harta karun China ini. Karena lokasi panda sendiri masih berada di atas bukit.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Resmikan Rumah Panda di Taman Safari

Mobil pengantar ke lokasi pintu masuk Wolong Panda Base.KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Mobil pengantar ke lokasi pintu masuk Wolong Panda Base.
Anda masih harus berjalan sekitar 1.400 meter dengan kondisi jalan menanjak. Anda juga bisa naik mobil shuttle dengan tarif 20 yuan per orang. Mobil ini akan mengantarkan Anda ke area drop off di bawah lokasi kandang-kandang panda. Shuttle akan menunggu di area drop off sampai Anda selesai berkeliling dan membawa rombongan Anda kembali ke Visitor Center.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.