Melancong ke Solo, Yuk Mampir ke 5 Obyek Wisata Ini

Kompas.com - 04/11/2017, 17:09 WIB
Lingkungan keputren Keraton Solo. KOMPAS.com/M WismabrataLingkungan keputren Keraton Solo.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Surakarta atau lebih dikenal sebagai Solo ternyata menjajakan destinasi wisata yang tak kalah mengasyikkan. Wisata kuliner juga siap dihadirkan untuk memanjakan lidah Anda karena rasanya yang tentu nikmat. Tak lengkap rasanya jika mampir ke Kota Solo tanpa membeli batik khas Solo.

Bagi Anda yang mulai mengagendakan berlibur ke kota Solo, Yuk simak beberapa destinasi wisata yang telah KompasTravel himpun :

1. Keraton Kasunanan Solo

Belum lengkap rasanya mengunjungi Solo tanpa pergi ke Keraton Kasunanan Surakarta. Menjelajahi keraton yang dibangun tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono II ini, Anda akan dibawa menjelajahi sejarah, seni, dan juga budaya dalam waktu yang bersamaan.

(Baca juga : 6 Hidangan Legendaris Solo di Pasar Gede)

Di Keraton Kasunanan Surakarta, Anda juga bisa melihat peninggalan di bangunan Kompleks Alun-alun Lor, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor, Kompleks Kamandungan Lor, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Magangan, Kompleks Sri Manganti dan Kamandungan Kidul, Kompleks Siti Hinggil Kidul dan Alun-alun Kidul.

(Baca juga : Di Balik Dinding Kampung Batik Laweyan Solo)

Tak boleh kelewatan, Anda juga wajib mengunjungi Museum Keraton Kasunanan Surakarta. Museum ini menyimpan berbagai benda pusaka serta koleksi-koleksi keraton lainnya.

Pengunjung mengabadikan berbagai pusaka dan benda koleksi Museum Keraton Kasunanan Surakarta yang menjadi salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/1/2011). Pengunjung museum ini selama liburan pergantian tahun meningkat dua kali lipat daripada hari biasa. Selain mengisi liburan, berwisata ke museum keraton juga menambah pengetahuan tentang sejarah. KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pengunjung mengabadikan berbagai pusaka dan benda koleksi Museum Keraton Kasunanan Surakarta yang menjadi salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/1/2011). Pengunjung museum ini selama liburan pergantian tahun meningkat dua kali lipat daripada hari biasa. Selain mengisi liburan, berwisata ke museum keraton juga menambah pengetahuan tentang sejarah.
2. Pasar Klewer

Berbelanja oleh-oleh tentu wajib dilakukan. Pasar menjadi destinasi favorit wisatawan karena banyak varian, harganya pun terjangkau. Pasar Klewer pun tak ketinggalan menjadi destinasi para wisatawan mencari suvenir dan oleh-oleh khas kota Solo.

(Baca juga : Cari Oleh-oleh Khas Solo? Coba Kunjungi Pasar Klewer...)

Aneka produk batik bisa ditemui di Blok C Pasar Klewer Sementara. Pedagang-pedagang produk batik menempati kios-kios yang dibangun sementara pasca bangunan pasar yang lama terbakar.

Untuk Aneka batik, Anda bisa menemukan produk-produk batik seperti kemeja, daster, baju tidur, celana, baju formal, dan aneka produk lain. Corak yang dijual pun beragam. Tidak hanya batik solo, batik semarang, batik kudus, batik pekalongan pun lengkap ditemui di pasar ini.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X