Mau Liburan ke Afrika Selatan? Ini Tipsnya... - Kompas.com

Mau Liburan ke Afrika Selatan? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 06/03/2018, 07:15 WIB
Table Mountain di Cape Town, Afrika Selatan. Thinkstockphotos.com Table Mountain di Cape Town, Afrika Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Liburan ke Afrika Selatan bisa jadi salah satu pilihan Anda. Di sana Anda bisa menikmati kota yang dikelilingi pegunungan, yakni di Cape Town. Lalu juga di Afrika Selatan bisa melihat penguin hingga safari dengan berjelajah di alam liar.

Agar liburan Anda lebih nyaman dan seru, tentunya bisa melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum keberangkatan ke Afrika Selatan. Berikut tips-tipsnya.

1. Cari Tahu tentang Afrika Selatan

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mencari tahu soal Afrika Selatan sendiri. Mulai dari destinasi, tempat menginap, hingga rute perjalanannya.

Baca juga : Turis Indonesia Bisa Coba Paket Wisata Halal di Afrika Selatan

Serupa halnya yang dikatakan oleh Specialist Travel Consultant Go Touch Down African Travel Specialist, Nining Hadiwidjojo, bahwa harus mencari tahu lebih banyak tentang Afrika Selatan.

“Jangan terpaku dengan stigma bahwa kalau ke Afrika harus suntik, karena itu bukan sesuatu yang diharuskan,” ujar Nining kepada KompasTravel saat ditemui di Astindo Travel Fair 2018 di JCC, Jakarta, Sabtu (3/3/2018).

Cape Town, Afrika Selatanwikimedia Cape Town, Afrika Selatan
Menurut dia, banyak hal yang sebenarnya tak perlu ditakutkan ketika berlibur di Afrika Selatan. Para wisatawan pun bisa mengeksplor dan berlibur dengan nyaman di sana, karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Baca juga : Wisata di Afrika Selatan Bisa Lihat Penguin dan Pegunungan

“Jangan takut dengan pola pikir Afrika yang (bayangannya) antah berantah, di sana open minded,” kata dia.

2. Cari Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Nining juga mengatakan pada dasarnya harus mencari waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana. Penentuan keberangkatan tergantung pada wisatawan itu sendiri, apakah memang ingin pada saat musim hujan atau musim panas.

“Kalau berangkat di bulan Juni hingga Agustus di sana sedang musim hujan, suhunya 10 hingga 15 derajat Celsius. Dari September hingga Mei itu musim panas, jadi suhunya mulai dari 30 derajat Celsius,” jelas dia.

Suasana safari di Welgevonden Game Reserve, taman konservasi hewan liar di Vaalwater, Limpopo, Afrika Selatan, 29 Mei-4 Juni 2015.
Agung Kurniawan/Kompas.com Suasana safari di Welgevonden Game Reserve, taman konservasi hewan liar di Vaalwater, Limpopo, Afrika Selatan, 29 Mei-4 Juni 2015.

3. Pilih Penerbangan

Kemudian untuk sampai di Afrika Selatan, ada beberapa pilihan maskapai penerbangan dari Jakarta. Untuk lama perjalanan dari masing-masing maskapai pun berbeda.

Nining menjelaskan jika wisatawan memilih Singapore Airlines, maka bisa transit terlebih dahulu di Changi Airport Singapura dan melanjutkan penerbangan hingga Johannesburg, lama perjalanan diperkirakan selama 14 jam.

Namun jika menggunakan maskapai Qatar Airlines waktu tempuhnya bisa mencapai 20 jam penerbangan.

4. Ikuti Aturan Tour Guide

Di Afrika Selatan pun ditawarkan wisata safari untuk menikmati alam liar. Bila Anda mengikuti wisata ini, sebaiknya perhatikan apa yang disampaikan pemandu wisata. Sebaiknya ikuti apa pun yang diperbolehkan maupun yang tidak dilakukan.

Berjumpa dengan singa di Welgevonden Game Reserve, taman konservasi hewan liar di Vaalwater, Limpopo, Afrika Selatan, Agung Kurniawan/Kompas.com Berjumpa dengan singa di Welgevonden Game Reserve, taman konservasi hewan liar di Vaalwater, Limpopo, Afrika Selatan,
Para wisatawan akan menjelajah hingga melihat hewan-hewan di alam liar, seperti gajah,macan, jerapah, dan predator. Sehingga demi keamanan dan kenyaman Anda, ikuti aturan dari pemandu wisata.

5. Bisa Menggunakan Jasa Tur

Nining menjelaskan bahwa saat ini sudah ada paket tur terutama untuk orang Indonesia yang ingin berkunjung ke Afrika Selatan. Sehingga tak perlu khawatir lagi untuk membuat perencanaan.


Adapun destinasi lainnya yang bisa Anda kunjungi di Afrika Selatan yakni perkebunan anggur, Blyde River Canyon, Kruger National Park, Lisbon Waterfall, dan Lion Park.

Sementara paket yang ditawarkan ada beragam pilihan. Selama delapan hingga 10 hari, wisatawan bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata di Afrika Selatan, seperti di Cape Town dan safari. Harga paket wisata mulai dari Rp 37 juta.

Komentar
Close Ads X