Apa yang Pilot dan Awak Kabin Makan saat di Pesawat? - Kompas.com

Apa yang Pilot dan Awak Kabin Makan saat di Pesawat?

Kompas.com - 11/05/2018, 20:00 WIB
pilot dalam kokpit pesawatRathke pilot dalam kokpit pesawat

KOMPAS.com - Jika Anda sering bepergian dengan pesawat, besar kemungkinan Anda melihat momen saat pilot dan awak kabin menikmati sarapan, makan siang, atau makan malam saat di pesawat. Bisa jadi, mungkin Anda tidak melihatnya, tetapi Anda mencium aroma makanan.

Ada banyak fakta menarik di balik makanan yang disiapkan untuk pilot dan awak kabin. Salah satunya adalah pilot-pilot yang bertugas di satu pesawat harus memilih makanan yang berbeda.

" Pilot-pilot mendapatkan makanan yang berbeda untuk mencegah terjadinya masalah yang diakibatkan makanan, walau jarang, tetapi bisa berdampak pada konsentrasi pilot dalam menavigasi pesawat," demikian penjelasan dari departemen awak kabin Japan Airlines seperti dikutip dari Lonely Planet.

Selain itu, informasi dari Japan Airlines tersebut menjelaskan bahwa pilot mendapatkan satu hidangan dalam penerbangan jarak pendek. Untuk penerbangan jarak menengah dan jarak jauh, pilot mendapatkan dua hidangan.

Hidangan yang berbeda disiapkan untuk setiap pilot. Jadi jika ada dua pilot yang bertugas dalam satu pesawat yang sama, maka ada empat hidangan yang perlu disiapkan untuk penerbangan jarak menengah atau jarak jauh.

Dalam beberapa kejadian, hidangan yang tidak dimakan awak kabin atau pilot kerap dijadikan pilihan cadangan untuk penumpang yang baru masuk dalam menit-menit terakhir.  

Misalnya seorang vegetarian atau seseorang dengan kebutuhan makanan yang khusus masuk dalam penerbangan tersebut pada menit-menit terakhir. Sementara pihak katering pesawat tidak sempat memasukan makanan sesuai kebutuhan penumpang tersebut.

Dalam kasus seperti ini, awak kabin biasanya menyiapkan hidangan dengan mengambil makanan dari hidangan untuk awak kabin atau dari menu kudapan.

Jadi jika Anda memesan makanan khusus dan pesanan belum datang, jangan takut untuk menanyakannya kepada awak kabin yang senior.

Tanyakan dengan tegas tetapi sopan, sebab awak kabin akan berusaha menyiapkan hidangan sesuai kebutuhan spesial Anda.

Selain itu, jadilah penumpang yang penuh pengertian. Perhatikan apakah awak kabin tengah beristirahat makan atau tidak.

Waktu istirahat makan awak kabin begitu singkat. Jadi jika Anda lihat awak kabin tengah menikmati lasagna, tidak ada salahnya Anda menunda sebentar untuk menganggu dia demi mendapatkan segelas minuman.  

Pada beberapa maskapai penerbangan, sistem tersebut secara rapi didesain agar bisa sejalan dengan pilihan hidangan para penumpang. Tentu Anda pernah merasakan ketika ada pilihan hidangan yang bisa dipilih, tetapi pilihan Anda ternyata sudah habis.

Dengan sistem ini, hal itu bisa dihindari. Misalnya seperti maskapai penerbangan Virgin Australia yang pada penerbangan jarak jauh, pilot dan awak kabin diberikan hidangan kelas bisnis.

"Hal ini membantu dalam memastikan kami mendapatkan tambahan hidangan di pesawat sehingga mayoritas tamu kami dipastikan bisa mendapatkan pilihan pertama hidangan yang ingin mereka makan," ungkap Ben Inall, kepala departemen awak kabin dari maskapai penerbangan Virgin Australia yang juga pernah menjadi awak kabin.

"Kami tidak bisa memprediksi secara akurat apa yang akan dipesan setiap tamu, jadi sistem ini bisa membantu kami dalam mendapatkan kepuasan tamu. Ketika semua tamu sudah makan, awak kabin bisa pilih memakan dari hidangan yang tersisa," katanya.
 
Virgin Airlines memiliki pilihan empat hidangan yang disajikan dalam kelas bisnis penerbangan jarak jauh. Hal ini tentu saja membuat maskapai tersebut mudah menjalankan aturan "makanan yang berbeda" untuk setiap pilot.

"Dalam penerbangan jarak dekat, pilot mendapatkan pilihan di antara dua hidangan. Jika ada hidangan yang tidak dipesan oleh penumpang, awak kabin bisa menjadikannya alternatif untuk memperluas pilihan bagi pilot," kata Inall.


Komentar
Close Ads X