6 Tradisi Unik Jelang Ramadhan

Kompas.com - 12/05/2018, 13:32 WIB
Pedagang mengelar dagangan saat tradisi Dandangan di ruas jalan Sunan Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (26/5/2017) sore.Tradisi menyambut bulan Ramadan dengan berjualan di pusat Kota Kudus ini diikuti ratusan pedagang dari berbagai kota itu merupakan tradisi sejak masa Sunan Kudus. KOMPAS.com/Puthut Dwi PutrantoPedagang mengelar dagangan saat tradisi Dandangan di ruas jalan Sunan Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (26/5/2017) sore.Tradisi menyambut bulan Ramadan dengan berjualan di pusat Kota Kudus ini diikuti ratusan pedagang dari berbagai kota itu merupakan tradisi sejak masa Sunan Kudus.

KOMPAS.com — Dalam hitungan hari, warga Muslim di Indonesia akan menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Biasanya, di sejumlah daerah ada tradisi turun-temurun yang dilakukan menjelang bulan puasa.

Meski dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, tujuannya sama: ungkapan rasa syukur atas datangnya bulan penuh berkah, Ramadhan.

Ini sejumlah tradisi unik menyambut Ramadhan yang ada di sejumlah daerah di Indonesia:

1. Tradisi Dandangan di Kudus

Menurut sejarah, "dandangan" diambil dari suara bedug Masjid Kudus yang berbunyi "dang, dang, dang" saat ditabuh untuk menandai awal Ramadhan.

Tradisi Dandangan telah mengakar kuat bagi masyarakat Kudus. Awalnya, Dandangan adalah tradisi berkumpulnya para santri di depan Masjid Menara Kudus setiap menjelang Ramadhan. Mereka menunggu pengumuman Syeikh Jafar Shodiq tentang penentuan awal puasa.

Seiring berjalannya waktu, tradisi Dandangan juga dimanfaatkan para pedagang untuk berjualan di sekitar masjid. Akhirnya, Dandangan dikenal masyarakat sebagai pasar malam yang ada jelang Ramadhan.

Kirab Dandangan dilakukan dengan mengitari alun-alun kota sejauh 1 kilometer dengan berjalan kaki. Ketika sampai di depan pendopo kabupaten, mereka melakukan atraksi di depan bupati Kudus beserta jajarannya.

Kisah selengkapnya soal tradisi dandangan:
Tradisi Warga Kudus Menyambut Ramadhan

2. Pembagian kue apem di Surabaya

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X