Wings Air Buka Rute Kupang - Lombok - Kompas.com

Wings Air Buka Rute Kupang - Lombok

Kompas.com - 17/05/2018, 20:26 WIB
Pesawat Wings Air yang dipakai untuk penerbangan rute Jambi-Kerinci, Kamis (12/10/2017).Dokumentasi pribadi Pesawat Wings Air yang dipakai untuk penerbangan rute Jambi-Kerinci, Kamis (12/10/2017).


KUPANG, KOMPAS.com - Wings Air, Maskapai yang tergabung dalam perusahaan penerbangan Lion Air Group membuka rute barunya dari Pulau Lombok menuju Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur (NTT).

Area Manager Lion Air Group NTT, Rinus T Zebua mengatakan Wings Air akan mulai mengoperasikan rute tersebut tanggal 25 Mei 2018 dengan skema penerbangan harian.

Penerbangan itu dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional El Tari setiap hari pukul 17.00 Wita dan tiba di Lombok pada 19.00 Wita.

Sedangkan untuk rute sebaliknya, lanjut Rinus, akan diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Lombok pukul 19.35 Wita dan dijadwalkan tiba di Kupang pada 21.35 Wita.

Menurut Rinus, dengan jarak tempuh hanya sekitar 120 menit, kini warga Lombok maupun Kupang dan sekitarnya dapat menikmati fasilitas transportasi udara yang efisien dalam hal waktu serta efektif dari segi biaya.

“Kami berharap dengan terbukanya akses ini berkontribusi besar bagi kemudahan para pelanggan kami dalam melakukan perjalanan udaranya bersama Wings Air baik untuk keperluan wisata, keluarga, maupun bisnis," ucap Rinus kepada Kompas.com, Kamis (17/5/2018).

Wisman di Gili Trawangan, Lombok, NTB, Jumat (25/8/2016).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisman di Gili Trawangan, Lombok, NTB, Jumat (25/8/2016).
Dalam pengoperasiannya, kata Rinus, Wings Air akan menggunakan armadanya yang merupakan pesawat baling–baling dengan tipe ATR 72-500 ataupun ATR 72-600.

Pesawat tersebut dapat mengangkut sekitar 70 penumpang dalam setiap penerbangannya.

Rinus menyebut adanya rute menuju Kupang akan semakin memperkuat dan memperluas jaringan konektivitas bagi Lion Air Group di Bandara Internasional Lombok.

Bandara Internasional di Lombok kini telah memiliki 12 destinasi ke berbagai rute domestik seperti Jakarta via Soekarno Hatta maupun Halim Perdanakusuma, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Denpasar, Semarang, Sumbawa, Bima, Bandung, serta Kupang.

Sementara itu, kata Rinus, konektivitas Lion Air Group di Kupang kini juga bertambah.

Wisatawan mengunjungi air terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/1/2016). Sendang Gile menjadi salah satu situs geologi Gunung Rinjani yang mendukung dijadikannya Gunung Rinjani sebagai taman bumi (geopark) dunia. KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Wisatawan mengunjungi air terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (27/1/2016). Sendang Gile menjadi salah satu situs geologi Gunung Rinjani yang mendukung dijadikannya Gunung Rinjani sebagai taman bumi (geopark) dunia.
Seperti yang sudah beroperasi sebelumnya yaitu dari Kupang menuju Denpasar, Solo, Surabaya, Labuan Bajo, Atambua, Alor, Bajawa, Ende, Tambolaka, Larantuka, Maumere, Rote, Waingapu dan Lombok.

Hingga kini Wings Air telah terbang ke 108 destinasi. Baik domestik dan internasional ke beberapa kota di Malaysia dengan frekuensi mencapai lebih dari 350 penerbangan per hari.

"Ratusan penerbangan per hari itu didukung dengan kekuatan armada berjumlah 54 unit ATR 72-500/600 yang akan terus bertambah tentunya untuk memperkuat penambahan rute dan frekuensi, baik untuk rute ini maupun lainnya," tutupnya.



Close Ads X