Bakso Raksasa 55 Kilogram Harga Rp 6 Juta-Rp 8 Juta, Apa Saja Isinya? - Kompas.com

Bakso Raksasa 55 Kilogram Harga Rp 6 Juta-Rp 8 Juta, Apa Saja Isinya?

Kompas.com - 07/09/2018, 16:09 WIB
Bakso jumbo berbobot 55 kg, Bakso Petir Dasyat, di Warung Bakso Klenger Ratu Sari 2, Depok, Yogyakarta. Jumat (7/9/2018).Bakso Klenger 2 Ratu Sari Bakso jumbo berbobot 55 kg, Bakso Petir Dasyat, di Warung Bakso Klenger Ratu Sari 2, Depok, Yogyakarta. Jumat (7/9/2018).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Inovasi dalam dunia kuliner selalu menarik perhatian. Salah satunya inovasi soal "per- bakso-an". Makanan favorit masyarakat Indonesia ini semakin bervariasi.

Di Yogyakarta, ada sebuah warung bakso yang menyediakan menu bakso "raksasa" seberat 55 kilogram. Warung itu adalah Warung Bakso Klenger 2 'Ratu Sari', di Depok, Yogyakarta.

Bakso ini dinamakan Bakso Petir Dahsyat.

Kreasi warung bakso ini juga mendapatkan perhatian netizen, yang merasa kagum melihat bakso sebesar itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Official BaksoKLENGER RatuSari (@baksoklenger) on Aug 12, 2018 at 6:00pm PDT

Saat dihubungi Kompas.com, pemilik yang juga pencetus Bakso Petir Dahsyat, Fardiansyah Taufik berbagi kisah soal "lahirnya" bakso ini.

"Empat tahun yang lalu ada pelanggan yang menyantap bakso saya dan ketika itu ia menginginkan bakso yang tidak biasa, bakso dengan ukuran besar," ujar Fardiansyah, Jumat (7/9/2018).

Taufik bersama istrinya kemudian membuat olahan bakso jumbo dengan berbagai ukuran. Ada bakso yang berukuran 1 kilogram, 5 kilogram, 10 kilogram, 25 kilogram, dan 55 kilogram.

Ia mengatakan, daging sapi yang digunakan untuk membuat bakso ini adalah daging sapi berkualitas agar daging tetap utuh saat proses perebusan.

Apa isi Bakso Petir Dahsyat? Isinya adalah telur goreng dan daging tetelan yang dicampur dengan sambal.

Ada pula yang tidak pedas, bagi mereka yang tidak senang sensasi "huh-hah".

"Bakso jumbo dibuat sesuai pesanan pelanggan. Misalnya ada yang kurang suka pedas, bisa memesan bakso dengan isi tetelan atau telur saja," ujar Taufik.

Dalam proses pembuatan bakso ini dibutuhkan tenaga hingga 7 orang.

"Proses pembuatan Bakso Petir Dahsyat membutuhkan banyak orang, karena ukurannya yang besar. Ada 4-5 orang untuk membawa bakso ini dan ada juga yang menyiapkan bakso," ujar Taufik.

Dalam proses pembuatan, Taufik mengungkapkan, ia membutuhkan 120 telur ayam, daging tetelan 10 kilogram, dan cabai sekitar 5-6 kilogram yang nantinya akan dimasukkan dalam adonan bakso.

Tak hanya ukurannya yang besar, untuk proses perebusan juga memerlukan banyak waktu. Bakso Petir Dahsyat direbus selama 13 jam untuk mematangkan isi dalam bakso.

Menurut Taufik, satu porsi Bakso Petir Dahsyat bisa dikonsumsi untuk 200 orang dengan harga Rp6 juta hingga Rp8 juta seporsinya.

Jika Anda penasaran dengan bakso raksasa ini, pemesanan harus dilakukan minimal satu hari sebelumnya.

Kompas TV Asep Suhendar mendirikan rumah belajar yang diberi nama Rumah Pelangi melalui jerih payah berjualan tahu bakso dan batagor.

 



Close Ads X