Kompas.com - 18/09/2018, 12:07 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Ratusan warga Kendal, Jawa Tengah, ikut mengarak manten, Sabtu (15/9/2018). Manten itu, bukan manusia, tapi dari pohon tebu.

Sepasang manten tebu itu, diberi nama Abdullah (laki-laki) dan Siti Rommah (perempuan).

Manten tebu tersebut sebagai simbol akan dimulainya giling tebu yang dilakukan oleh PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring Kendal. Orang Jawa, biasa memberi nama wiwitan giling tebu.

Baca juga: Kesenian Barongan, Aset Kendal Menarik Wisman

Direktur Utama PT IGN, Benardi Dharmawan mengatakan manten tebu diarak mulai dari belakang pabrik sampai ke lokasi giling yang ada di depan. Jaraknya sekitar 500 meter.

Acara manten tebu di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (15/9/2018).KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Acara manten tebu di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (15/9/2018).
Rombongan arak-arakan diawali dengan seni tradisi reog, lalu manten tebu dan pengapetnya, drum band, dan terakhir seni Barongan.

“Meskipun ini tradisi awal giling tebu, tapi bisa juga digunakan sebagai wisata tahunan,” ujarnya.

Baca juga: Naik Vespa, Bupati Kendal Buka Kali Bodri Culture Festival

Menurut Benardi, banyak masyarakat yang datang menyaksikan wiwitan giling tebu ini. Tidak cuma dari Kendal tapi juga dari luar kota.

“Ini giling pertama, setelah beberapa tahun berhenti produksi,” katanya.

Reog di manten tebu, Kendal, Jwa Tengah, Sabtu (15/9/2018).KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Reog di manten tebu, Kendal, Jwa Tengah, Sabtu (15/9/2018).
Bupati Kendal Mirna Anissa, yang hadir dalam wiwitan giling tebu, menambahkan ada 2 keuntungan dengan wiwitan giling tebu ini. Selain meningkatkan perekonomian, juga bisa untuk wisata.

“Tradisi ngarak manten tebu ini bisa dijadikan wisata. Banyak masyarakat yang ingin menyaksikan,” kata Mirna.

Baca juga: Kendal Siap Masyarakatkan Dagongan dan Egrang untuk Tarik Wisatawan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.