10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pergi ke Okinawa Jepang

Kompas.com - 19/09/2018, 07:10 WIB
Pulau Okinawa KOMPAS.comPulau Okinawa

NAHA, KOMPAS.com - Daya tarik wisata Jepang bukan hanya ada di Tokyo, Osaka, ataupun Kyoto. Cobalah menjelajah ke selatan Jepang dan temukan keunikan dan keindahan alam tropis di Perfektur Okinawa.

Tak hanya itu, Okinawa juga menawarkan surga belanja, tempat yang ramah bagi muslim, ragam budaya, hingga sejarah-sejarah penting dunia.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang Okinawa, berikut tujuh hal yang perlu Anda ketahui terlebih dulu sebelum traveling ke sana:

1. Beriklim subtropis tanpa salju

Berbeda dari bagian Jepang lainnya, Okinawa terletak di wilayah subtropis Okinawa memiliki iklim yang tenang sepanjang tahun, dengan suhu tahunan rata-rata sekitar 23 derajat Celcius.

Dengan kondisi ini, Okinawa tak pernah turun salju. Suhu di Okinawa saat musim dingin pun hanya 15 derajat Celcius.

Sementara suhu terpanas di Okinawa sekitar 32-33 derajat Celcius. Suhu terpanas di Okinawa ini lebih sejuk dibandingkan suhu terpanas di Tokyo dan Osaka di saat musim panas. Hal ini dikarenakan kepulauan Okinawa dikelilingi oleh lautan. Kondisi ini membuat udara lebih lembab.

Sebagian besar, cuaca akan lebih cerah setelah akhir musim hujan di bulan Juni hingga September. Informasi cuaca ini sangat penting untuk menyesuaikan pakaian yang Anda bawa nanti saat traveling ke Okinawa.

2. Waspada badai

Okinawa juga dikenal karena badainya yang disebabkan oleh topan. Biasanya topan akan melewati Okinawa dari bulan Mei hingga Desember. Ada sekitar tujuh topan yang melewati Okinawa setiap tahunnya.

3. Moslem friendly

Okinawa merupakan salah satu perfektur di Jepang yang ramah terhadap muslim. Hal ini akan terlihat saat Anda pertama kali menginjakkan kaki di Naha Airport. Di bandara tersebut, Anda akan dengan mudah mengakses ruang untuk shalat.

Meski berukuran mini, ruangan ini didesain sangat menarik dengan tampilan ornamen bambu dan suasana interior seperti rumah tradisional Jepang. Ada pula di dalamnya tempat berwudhu, arah kiblat, serta sajadah. Cukup lengkap bukan?

Selain ruang ibadah di bandara, fasilitas lainnya yang disediakan bagi para turis muslim seperti restoran halal dan hotel yang ramah muslim. Di beberapa restoran, bahkan mereka menyediakan khusus alat makan dan bahan makan yang halal, sehingga pengolahan makanannya dipisahkan dari yang non-halal.

Sementara hotel yang ramah muslim, menyediakan fasilitas ruangan ibadah. Misalnya, di Pacific Hotel Okinawa.

4. Wi-fi tersebar di banyak titik

Jangan khawatir tak terkoneksi wi-fi jika sedang liburan ke Okinawa. Sama seperti Tokyo, wi-fi juga banyak tersedia di area-area publik. Salah satunya yakni Be.Okinawa Free Wi-fi yang direkomendasikan pemerintah setempat untuk para turis.

Namun, akses wi-fi yang cukup banyak hanya bisa ditemukan di Pulau Okinawa. Sementara pulau-pulau lainnya di sekitar Okinawa tidak demikian. Untuk diketahui, perfektur Okinawa terdiri dari 150 pulau.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X