Rel Kereta Api di Vietnam Jadi Tempat "Selfie" Turis

Kompas.com - 19/12/2018, 18:15 WIB
Turis berfoto di rel kereta Old Quarter, Vietnam.Dok. CNN Travel Turis berfoto di rel kereta Old Quarter, Vietnam.


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah ruas jalan yang dilewati kereta api sejak zaman kolonial di Hanoi, Vietnam, mendadak populer. Turis sengaja datang ke Old Quarter untuk berfoto di rel kereta api yang dianggap ' instagramable' tersebut.

"Di sana cukup sepi ketika kami ke sana, saat itu juga masih pagi hari," kata Christabel, salah satu Instagrammer yang mengunggah fotonya di rel kereta Old Quarter pada 29 Oktober 2018.

Masalah timbul ketika banyak turis yang sengaja datang, memenuhi rel kereta yang masih beroparsional. Penulis berbasis di Vietnam Dave Fox yang pertama kali mengunjungi dareah tersebut di 2010 mengaku sedih melihat lokasi tersebut.

Ia mengatakan banyak mendengar cerita, banyak turis sengaja melompat ketika kereta datang, atau mengadu siapa yang berdiri paling lama ketika kereta datang. Semua aksi tersebut direkam dengan kamera aksi.

Turis berfoto di rel kereta Old Quarter, Vietnam. Dok. CNN Travel Turis berfoto di rel kereta Old Quarter, Vietnam.

"Pariwisata massal adalah kata kunci baru untuk sesuatu yang telah berlangsung lama. Wisatawan harusnya bijak mengambil foto," jelas Fox.

Ia mencontohkan di Vietnam misalnya, tidak apa jika meminta izin untuk mengambil foto karena kebanyakan orang Vietnam baik. Namun jangan sampai memperlakukan penduduk lokal seperti obyek di museum. Berfoto lantas tidak berinteraksi sama sekali dan pergi ke tempat foto lainnya.

Fox menyarankan kepada para wisatawan untuk berpikir di posisi penduduk lokal. Syukurnya di Old Quarter, penduduk lokal malah mengingatkan wisatawan jika ada kereta yang akan lewat. Namun Fox mengingatkan beda destinasi beda pula perilaku warga lokal.

Selain rel kereta di Old Quarter Vietnam, rel kereta di Bangkok daerah Pasar Maeklong juga menjadi lokasi incaran turis untuk selfie.

Meskipun menimbulkan kontroversi, sampai sekarang masih banyak turis yang berfoto di lokasi tersebut dengan alasan kereta berjalan sangat lambat.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X