Kuliner Pilihan di Jalur Mudik Trans Jawa, dari Semarang hingga Solo Halaman 1 - Kompas.com

Kuliner Pilihan di Jalur Mudik Trans Jawa, dari Semarang hingga Solo

Kompas.com - 22/12/2018, 06:38 WIB
Timlo Sastro di Solo, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ Lulu Cinantya Mahendra Timlo Sastro di Solo, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Perjalanan saat mudik menuju kampung halaman saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 bisa dimanfaatkan untuk berwisata kuliner.

Wisata kuliner tidak hanya bisa dilakukan di kota tujuan wisata atau kampung halaman. Namun, kita juga bisa menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia dalam perjalanan.

Kementerian Perhubungan membuat daftar sejumlah lokasi yang bisa dikunjungi untuk berwisata kuliner saat Anda melewati tol Trans Jawa.

Adapun, lokasi yang menjadi pilihan kali ini adalah wilayah Jawa Tengah, dari Batang hingga Solo. Berikut paparannya:

Batang

Masih di wilayah utara Jawa Tengah, Anda akan memasuki Kabupaten Batang sebelum Masuk kawasan Kota Semarang. Di Batang ini, ada sejumlah hidangan yang perlu dicoba.

Lontong Lemprak

Lontong lemprak khas Batang, Jawa Tengah.Agus/Market Plus Lontong lemprak khas Batang, Jawa Tengah.
Lontong lemprak merupakan sajian lontong yang disiram dengan kuah santan, berisi suwiran daging ayam dengan bumbu rempah khusus.

Makanan disajikan dalam mangkok, mirip dengan nasi grombyang dari Pemalang. Satu yang terkenal adalah Lontong Lemprak Mbak Mur di Jalan Ahmad Yani Nomor 58, Bogoran, Kauman.

Semarang

Setelah perjalanan panjang melewati kota kabupaten kecil di bagian utara Jawa Tengah, tiba juga di Ibukota Provinsi yakni Semarang.

Di Kota Lumpia ini, Anda bisa mencicipi dua kuliner yangh terkenal dengan citarasanya, yakni sate gule kambing dan mangut welut (belut).

Sate dan gule kambing

Rumah makan Sate dan Gule Kambing 29 yang terletak di Jalan Letjen Suprapto Nomor 29, Purwodinatan, Semarang Tengah ini menyajikan aneka olahan kambing. Mulai dari sate, gule, dan sumsum kambing.

Warung ini cukup legendaris karena sudah dibuka sejak 1945. Selain itu, rumah makan yang selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Mangut Welut

Mangut welut di Warung Nasimah, Semarang.Dokumentasi Kemenhub Mangut welut di Warung Nasimah, Semarang.
Mangut welut merupakan menu favorit di Warung Nasimah yang terletak di Jalan Kyai Saleh Nomor 1, Randusari, Semarang Selatan.

Harga per porsi dibanderol dengan harga Rp 15.000 dengan isi enam potongan belut masing-masing berukuran sekitar 5 cm. Bumbu rempah khas yang digunakan membuat siapa saja ketagihan.

Baca juga: Ini Kuliner Pilihan di Jalur Mudik, dari Brebes hingga Pekalongan


Page:

Terkini Lainnya


Close Ads X