Bulan Desember, Danau Kelimutu Kembali Berubah Warna

Kompas.com - 28/12/2018, 14:29 WIB
Danau Kelimutu yang sudah berubah warna dalam bulan Desember 2018. ARSIP BALAI TN KELIMUTUDanau Kelimutu yang sudah berubah warna dalam bulan Desember 2018.

ENDE, KOMPAS.com - Danau Kelimutu, danau tiga warna obyek wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikabarkan kembali berubah warna pada bulan Desember 2018.

Tidak seperti biasanya, setiap tahun danau ini berubah warna pada bulan Februari-Maret.

"Tahun ini perubahannya lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya Februari-Maret, tetapi ini di Desember sudah mengalami perubahan," kata Kepala Balai TN Kelimutu, Agus Sitepu kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2018) sore.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Danau Kelimutu Meningkat Pesat

Ia menjelaskan, perubahan warna air Danau Atapolo terpantau berubah warna dalam 1 bulan terakhir dari hijau toska ke hijau tua/daun dan beberapa hari ini hijau dominan kecoklatan.

Ia menjelaskan, perubahan warna danau itu umumnya diperkirakan interaksi perubahan aktivitas vulkanik, geologi, dan faktor luar hujan matahari sehingga mempengaruhi komposisi kandungan air danau ditambah pantulan.

Agus menambahkan, berdasarkan informasi dari pos pemantau, gunung api Kelimutu dalam kondisi masih termasuk normal. Jadi, perubahan warna air danau tidak mempengaruhi aktivitas gunung.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X