Kabar Gembira, PT KAI Luncurkan Rute Baru ke Pangandaran

Kompas.com - 03/01/2019, 11:06 WIB
Perahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESPerahu tambat di obyek wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Obyek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.


JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata ke Pangandaran, Jawa Barat kini lebih mudah. PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan rute baru Jakarta-Banjar, Rabu (2/1/2019).

Kereta dengan nama KA Pangandaran akan melewati  Stasiun Gambir – Stasiun Bandung – Stasiun Banjar (pulang-pergi), dengan stasiun pemberhentian lainnya Stasiun Cibatu, Cipeundeuy, dan Tasikmalaya.

Baca juga: Mengenal Pantai Waikiki Hawaii, Impian Ridwan Kamil untuk Pantai Pangandaran

Satu rangkaian KA Pangandaran terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk

"Dioperasikannya KA Pangandaran ini, merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (2/1/2019).

Keindahan Pantai Batu Karas Ciamis KOMPAS/Greg Magnus Finesso Keindahan Pantai Batu Karas Ciamis

Harga Promo KA Pangandaran

Dalam masa peluncuran ini PT KAI memberikan tarif promo KA Pangandaran, untuk keberangkatan 2 Januari hingga 1 Februari 2019.

Harga tiket dari Stasiun Gambir ke Stasiun Banjar sebesar Rp 160.000 untuk Kelas Eksekutif dan Rp 110.000 untuk Kelas Ekonomi Premium. Harga tersebut berlaku sama untuk perjalanan pulang atau pergi.

Pembelian tidak dapat dilakukan di mesin otomatis pembelian tiket (ticket vending machine), tiket dikenakan bea pesan dari KAI Access, Website KAI, dan saluran luar sesuai kebijakan biaya saluran tersebut.

Tiket tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis jika tiket dibeli melalui loket  KAI.

Adapun tarif tiket normal (di luar promo) untuk KA Pangandaran adalah Rp 150.000 untuk tarif batas bawah, Rp 520.000 untuk tarif batas atas di Kelas Eksekutif.

Sedangkan Kelas Ekonomi Premium tarif batas bawah dikenakan Rp 100.000 dan Rp 330.000 untuk tarif batas atas.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan kereta api (KA) Pangandaran relasi Jakarta-Bandung-Banjar, Rabu (2/1//2019). Dok Humas PT KAI Daop 2 Bandung PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan kereta api (KA) Pangandaran relasi Jakarta-Bandung-Banjar, Rabu (2/1//2019).
Waktu keberangkatan KA Pangandaran dari Stasiun Gambir Jakarta adalah pukul 07.50 WIB, dari Bandung pukul 11.40 WIB, dan diperkirakan sampai di Stasiun Banjar pukul 15.56 WIB.

Sedangkan dari Stasiun Banjar kereta berangkat pukul 13.55 WIB dan diperkirakan sampai Bandung pukul 18.42, dan tiba Jakarta pukul 22.35 WIB.

Selama masa promo dari 2 Januari-1 Februari 2019 KAI juga memberikan layanan Angkutan Lanjutan secara gratis bagi penumpang KA Pangandaran yang melakukan pemesanan dengan relasi Gambir-Garut (pp). Perjalanan lanjutan dari Stasiun Cibatu-Garut dengan waktu tempuh kurang dari 60 menit. (*)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X