5 Restoran Paling Mahal di Dunia

Kompas.com - 11/01/2019, 09:03 WIB
Sublimotion, Ibiza, Spanyol. Restoran termahal di dunia saat ini. Dok. Lovefood Sublimotion, Ibiza, Spanyol. Restoran termahal di dunia saat ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersantap tak lagi soal kenyang di restoran. Para petualang rasa mencari sensasi yang berbeda saat makan di restoran ini seperti dari suasana restoran, penampilan makanan, teknik pembuatan, dan harmonisasi rasa.

Tak heran meskipun harga bersantap di restoran-restoran berikut sangat mahal, tetapi tetap diminati banyak orang. Berikut adalah lima restoran paling mahal di dunia dan biaya yang harus dikeluarkan saat makan di sana.

Harga di bawah biasanya untuk per sesi makan yang terdiri dari makanan pembuka, inti, dan penutup:

1. Sublimotion, Ibiza, Spanyol

Restoran ini dikelola oleh koki dengan dua bintang Michelin, Paco Roncero. Restoran ini sempat mendapat penghargaan sebagai Inovasi Terbaik untuk Makanan dan Minuman di 2014 khusus haute cuisine atau seni adiboga.

Bersantap di Sublimotion dihitung per paket. Ada 20 makanan pembuka yang disajikan dan 12 sajian makan malam untuk satu meja. Semua makanan disajikan oleh 25 orang profesional dan butuh tiga jam sesi makan.

Harga paket makan malam ini dihargai 2.000 dollar per orang atau setara Rp 28 juta. Dengan harga tersebut Sublimotion menjadi restoran paling mahal di dunia saat ini.

2. Per Se, New York, Amerika Serikat

Restoran ini dimiliki oleh koki bintang tiga Michelin, Thomas Keller. Memiliki sembilan sajian dalam satu menu. Tersedia juga menu makanan khusus vegetarian. Per Se menyajikan teknik klasik Perancis dengan bahan terbaik. Restoran ini juga punya koleksi 2.000 botol.

Biaya bersantap di Per Se sekitar 685 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 9,6 juta.

 Restoran Masa di  New York, Amerika SerikatLuxhabitat Restoran Masa di New York, Amerika Serikat

3. Masa, New York, Amerika Serikat

Restoran ini didirikan koki Masa Takayama pada 2004. Saking diminati, restoran ini butuh direservasi tiga minggu sebelum waktu makan malam. Sang pemilik restoran yang menyiapkan langsung makanan kepada tamunya.

Halaman:



Close Ads X