Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2019, 15:27 WIB

KOMPAS.com - Chief Commercial Officer Scoot, Vinod Kannan, mengatakan pada tahun 2020 maskapai penerbangan tarif rendah atau LCC Scoot akan menambah rute penerbangan dari enam kota di Indonesia yaitu Balikpapan, Makassar, Lombok, Semarang, Manado, dan Yogyakarta.

Vinod mengatakan, enam rute ini dibuka untuk menggantikan rute SilkAir yang telah diambil alih oleh Scoot. Adapun SilkAir dan Scoot termasuk dalam maskapai Singapore Airlines Group.

Dalam rute-rute ini Scoot akan menggunakan pesawat tipe narrow body Boeing 787 Dreamliner untuk mengangkut penumpang.

"Kami menyasar pada penduduk usia muda (kaum milenial). Karena kami melihat Indonesia ini tumbuh dengan populasi kaum milenial yang besar," ujar Vinod di Menara Kompas, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Scoot Tawarkan Promo Mulai Rp 299.000 ke Singapura

Ia mengatakan, pembukaan rute baru dilakukan karena menurut data internalnya, milenial Indonesia yang hendak melakukan traveling mendominasi pemesanan tiket penerbangan dari Scoot.

"Banyak milenial Indonesia yang melakukan penerbangan tujuan Singapura, Bangkok, Hongkong. Jadi penumpang dari Jakarta, Surabaya, Bali biasanya melakukan penerbangan menuju Singapura," lanjutnya.

Tak hanya mengenai milenial yang mendominasi pemesanan tiket penerbangan, Scoot juga melihat Indonesia merupakan pasar yang baik untuk penerbangan rute Jeddah.

"Jeddah adalah pasar yang baik. Karena ini akan jadi wisata religi (umrah) bagi orang Indonesia. Ini sangat penting," tuturnya.

Menurutnya, menurut data Scoot, 50 persen pemesan tiket penerbangan ke Jeddah adalah warga Indonesia.

"Kami memiliki layanan untuk penumpang tujuan Jeddah untuk melakukan wisata religi (umrah) dengan fasilitas bangku ekonomi dan bisnis, fasilitas bagasi berkapasitas 30 kg, dan 10 kg kabin, selimut, air zamzam, makanan halal, dan selimut," paparnya.

Sebagai informasi, tak hanya di Indonesia, Scoot juga akan mengambil alih rute penerbangan SilkAir menuju sejumlah daerah di Laos, India, China, Thailand, dan Malaysia secara bertahap pada tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+