BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan VIVO

Potret Momen Keren di Antara Cahaya Air Mancur Menari Berikut

Kompas.com - 10/03/2019, 13:02 WIB
Pertunjukkan air mancur menari saat peresmian revitalisasi lapangan Banteng di Jakarta, Rabu (25/7/2018). Pemprov DKI Jakarta secara resmi membuka kawasan lapangan Banteng yang telah direvitalisasi untuk dapat diakses oleh masyarakat ANDREAS LUKAS ALTOBELIPertunjukkan air mancur menari saat peresmian revitalisasi lapangan Banteng di Jakarta, Rabu (25/7/2018). Pemprov DKI Jakarta secara resmi membuka kawasan lapangan Banteng yang telah direvitalisasi untuk dapat diakses oleh masyarakat

KOMPAS.com - Salah satu wisata Thailand terbaru memecahkan rekor terbesar di Asia Tenggara. Ada atraksi pertunjukan air mancur menari sepanjang 400 meter, membentang di depan Mal Iconsiam, Bangkok.

Pertunjukan yang mulai di malam hari tersebut diberi nama ICONIC Multimedia Water Features.

Para pengunjung, seperti turis yang ingin menonton air mancur yang bergerak, meliuk-liuk diiringi cahaya warna-warni itu bisa cek jadwal harian sebelum menontonnya.

Karena di Thailand, maka instrument lagu Thailand yang mengiringi pergerakan air.

Bagi yang suka jalan-jalan atau traveling malam hari, tentu wisata ini menarik. Warna-warni cahaya dapat memukau mata dan layak untuk dipotret.

Kalau tak percaya, lihat saja gambar-gambar unggahan atraksi wisata tersebut di media sosial. 

Nah, di Indonesia, ada juga hiburan seperti ini yang tak kalah bagus. Bahkan, kalau Anda tinggal di sekitar wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), ada juga atraksi serupa yang bisa dikunjungi.

Berikut beberapa pertunjukan water fountain yang ada di Indonesia.

Air Mancur Taman Sri Baduga, Purwakarta

Air mancur Taman Sri Baduga termasuk salah satu atraksi yang terbesar di Asia Tenggara juga. Letaknya ada di Kawasan Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat.

Atraksi air mancur menari di sini sudah diresmikan Kementerian Pariwisata sejak 2017. Sejak itu, tempat ini menjadi icon wisata Purwakarta.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (19/2/17) atraksi di Taman Air Sri Baduga dioperasikan tiap malam Minggu pada jam-jam pertunjukan pukul 19.30, 21.00 dan 22.00 WIB. 

Salah satu pertunjukan air mancur menari di Taman Sri Baduga, Purwakarta.KOMPAS.com/Auzi Amazia Salah satu pertunjukan air mancur menari di Taman Sri Baduga, Purwakarta.
Pada bagian tengah Air Mancur Taman Sri Baduga ada patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Di sekeliling patung ada dua ribu semprotan air mancur yang menari dan mengikuti irama musik.

Semarang Bridge Fountain

Air mancur menari di Semarang wujud dan letaknya berbeda dari yang ada di Purwakarta.

Water fountain ini letaknya ada di jembatan Kanal Banjir Barat (KBB) Semarang.

Bentuk atraksi air mancur menarinya mengikuti air mancur menari yang ada di Banpo Bridge, Seoul, Korea Selatan.

Jadi, pancuran air ke luar dari dua sisi jembatan, bergerak diiringi musik dan juga cahaya warna-warni.

Wahana Semarang Birdge Fountain menjadi atraksi setiap malam pada pukul 19.30 WIB-20.00 WIB tiap harinya. Dilansir dariKompas.com, Minggu (22/12/18) khusus akhir pekan, ada pertunjukan tambahan yaitu pukul 21.00 WIB sampai 21.30 WIB.

Air Mancur Menari Monas dan Taman Lapangan Banteng

Rasanya, tempat yang terbuka dan hadirnya hiburan cahaya dan air di Jakarta bisa jadi penyegaran dibanding pergi ke mal.

Ketika tiba malam Sabtu dan Minggu di Jakarta, jalan-jalan ke Monumen Nasional (Monas) atau ke Taman Lapangan Banteng dapat dipilih.

Pertunjukan air mancur menari Monas ini sudah diresmikan 2017 lalu. Pertunjukan pertamanya ada pada jam 19.30 dan pertunjukkan kedua jam 20.30 WIB

Pada setiap segmen, pertunjukan air mancur menari akan diiringi beberapa lagu, baik itu lagu nasional atau lagu daerah. Lagu-lagu itu diaransemen musisi Addie MS dengan hak cipta milik PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. 

Sementara, air mancur menari di Taman Lapangan Banteng juga tak kalah memukau. Apalagi, Taman Lapangan Banteng sudah selesai di renovasi 2018 lalu.

Usai renovasi, hadirlah atraksi air mancur menari untuk menarik pengunjung dan wisatawan. Pengunjung bisa dengan nyaman menontonnya di tempat duduk yang berbentuk amphiteathre.

Adapun jadwal pertunjukan air mancur menari ini bisa disaksikan pengunjung di Lapangan Banteng setiap akhir pekan pukul 18.30, 19.30, dan 20.30 WIB.

Persiapan sebelum menonton malam hari…

Pilihan-pilihan atraksi malam di atas menyajikan cahaya warna-warni sebagai salah satu elemen utamanya. Jika akan berkunjung ke salah satu tempat tersebut, pastikan datang tepat sesuai jadwal pertunjukan.

Jangan sampai telat agar tidak ketinggalan momen.

Jika ingin menganadikan momen, jangan lupa juga untuk bawa kamera.

Agar lebih mudah, menyiapkan kamera ponsel atau smartphone dengan resolusi kamera yang bagus untuk memotret di malam hari bisa jadi pilihan.

Akan tetapi, biasanya memotret gambar pada malam jadi tantangan tersendiri karena keterbatasan cahaya. Ingat bagus di mata, belum tentu sama hasilnya ketika atraksi ditangkap dalam ponsel kamera.

Oleh karena itu, kamera ponsel yang disiapkan baiknya sudah dilengkapi fitur Artificial Intelligence (AI). Seperti yang ada di Vivo V15 ada dua kamera belakang lain sebagai kamera pendukung untuk memotret. Kamera kedua 8 MP memiliki AI Super-Wide Angle dan kamera ketiga 5 MP adalah Depth Camera yang bisa menghasilkan efek bokeh.

Uniknya, ada juga 32 MP Pop-Up Camera pada kamera depannya. Hasil tangkapan foto depan atau selfie dapat lebih jernih juga.

Jadi, jalan-jalan malam hari bisa lebih variatif dengan adanya pilihan wisata malam menarik yang telah disebut. Atraksi air mancur menari di malam hari bisa diabadikan menjadi momen yang indah, bukan?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya