Kompas.com - 15/03/2019, 18:43 WIB

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Berlibur ke Yogyakarta, rasanya belumlah komplet jika tidak serta menjelajah kawasan pantainya. Sudah sejak lama pantai-pantai yang ada di Yogyakarta, khususnya Kabupaten Gunungkidul, memiliki daya tarik tersendiri.

Memiliki pasir putih dengan dikelilingi perbukitan, pantai-pantai Gunungkidul mampu memikat para wisatawan dari berbagai daerah. Pilihan pantai untuk dikunjungi pun ada banyak dengan karakteristiknya masing-masing.

Baca juga: Sebelum ke Pantai Gunungkidul, Jajan Dulu di Pasar Digital Ngingrong

Tak hanya sekadar indah, ada pula pantai Gunungkidul yang memiliki karakteristik seperti di Pulau Bali. Pantai itu bernama Ngobaran yang terletak di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Ngobaran adalah sekitar 56 kilometer. Sementara waktu tempuhnya adalah kurang-lebih dua jam.

Bagai Pulau Dewata

Begitu sampai di Pantai Ngobaran, wisatawan akan merasa seolah sedang berada di Pulau Bali. Selain keindahan pasir putih dengan latar belakang topografi pergunungan, terdapat bangunan pura dan arca-arca yang semakin membuat nuansa Pulau Dewata semakin kental.

Baca juga: 7 Tips Berkunjung ke Spot Swafoto Hits Baru Jogja, Gunung Bagus

Pura di Pantai Ngobaran bernama Pura Segara Wukir. Pura ini dibangun pada tahun 2006 silam. Pura ini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu. Meski demikian, wisatawan tetap boleh berfoto di depan pura ketika sedang tidak ada peribadatan.

Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kompleks arca ada di sebelah barat yang juga bisa dijadikan latar atau obyek foto. Ketika hari besar umat Hindu, di Pantai Ngobaran juga diadakan acara keagamaan. Salah satu acara adalah upacara Melasti yang diadakan sebelum Hari Raya Nyepi.

Ada satu lagi bangunan unik di Pantai Ngobaran yang berbentuk seperti candi. Bangunan itu bukanlah bagian pura dan merupakan milik Keraton Yogyakarta.

Cocok untuk swafoto

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.