Kompas.com - 02/04/2019, 12:41 WIB
Jembatan Musi IV di Kota Palembang. Kementerian PUPRJembatan Musi IV di Kota Palembang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kujungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Palembang, Sumatera Selatan pada Januari-Februari 2019 naik 99,24 persen jika dibanding periode yang sama 2018.

Data terbaru dari Badan Pusat Statistik mencatat ada 2.622 wisman yang masuk melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddi II pada periode Januari-Februari 2019. Dibanding Januari-Februari 2017 sebanyak 1.515 wisman.

"Kenaikan wisatawan di antaranya memang banyak kegiatan yang diadakan di Palembang misalnya perayaan Cap Go Meh di beberapa tempat," kata Plh Kadisbudpar Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal Sarkomi dihubungi KompasTravel, Senin (1/4/2019).

Baca juga: One Day Trip ke Palembang, ke Mana Saja?

Aufa menjelaskan pelaksanaan Cap Go Meh di Palembang dilaksanakan serentak di tiga tempat yakni di Pulau Kemaro, Kampung Kapiten, dan OPI Mall.

Pada Januari-Februari 2019, di Palembang juga banyak diselenggarakan kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Contohnya Seminar Kebangsaan tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh IKA-UNSRI, workshop tentang Kebudayaan, Permuseuman, Kepariwisataan dan kegiatan MICE yang lain yang dilaksanakan oleh Dinas Instansi dan BUMN/BUMD.

Baca juga: Satu Spot Terbaik Menikmati Jembatan Ampera Palembang

"Untuk dimaklumi Sumsel khususnya kota Palembang sudah menjadi salah satu destinasi MICE di Indonesia. Hal ini karena di Palembang, amenitas yang terdiri dari hotel, restoran, dan fasilitas penunjang lainnya sudah sangat representatif," kata Aufa.

Akses dan infrastruktur di Palembang yang semakin baik, menurut Aufa, juga mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/8/2017).KOMPAS.COM/ I MADE ASDHIANA Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (22/8/2017).
"Walaupun tiket penerbangan masih mahal namun tidak menyurutkan wisatawan untuk datang ke Palembang. Hal ini tentunya ditunjang okeh Bandara SMB II yang representatif. Kemudian banyak kabupaten atau kota juga sudah mulai berpacu membenahi dan meningkatkan potensi wisata di daerah masing-masing," kata Aufa.

Data BPS juga memaparkan bahwa wisman dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Sumatera Selatan menghabiskan waktu menginap rata-rata 3,43 hari pada Januari 2019 dan 2,39 hari pada Februari 2019 di hotel klasifikasi bintang.

Jumlah tersebut terbilang lebih tinggi dibanding rata-rata waktu menginap wisman dan wisatawan domestik di Indonesia sebanyak 1,93 hari di hotel klasifikasi bintang.

Aufa menyebutkan pada 26-28 April 2019 Palembang juga bersiap untuk kegiatan Ziarah Qubro atau menziarahi makam para ulama dan pendiri Kesultanan Palembang Darussalam.

Sejak 30 Maret hingga 3 April 2019 berlokasi di kawasan Goa Putri dan Goa Harimau Desa Padang Bindu, Kabupaten Ogan Komering Ulu sedang berlangsung kegiatan Rumah Peradaban bekerja sama dengan pusat Arkeologi Nasional dibawah pimpinan Prof Truman Simanjuntak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.