Kompas.com - 10/04/2019, 08:02 WIB
Satu Gelas Cokelat Panas di Griya Cokelat Nglanggeran, Gunungkidul. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaSatu Gelas Cokelat Panas di Griya Cokelat Nglanggeran, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Kawasan Nglanggeran, Gunungkidul saat ini merupakan destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul dan Yogyakarta. Satu obyek wisata paling favorit adalah Gunung Api Purba.

Biasanya obyek wisata ini ramai dikunjungi pada hari libur. Keindahan matahari terbit dan terbenam menjadi atraksi wisata utama. Rute tempuh ke puncak yang mudah semakin menjadikan obyek wisata ini digemari banyak orang.

Baca juga: Ke Nglanggeran, Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Kedung Kandang

Namun, mendaki gunung api purba ternyata bukan satu-satunya aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Nglanggeran. Usai berburu keindahan matahari terbit, rasanya rugi jika tidak mampir terlebih dahulu ke Griya Cokelat Nglanggeran.

Sesuai dengan namanya, Griya Cokelat Nglanggeran adalah tempat terbaik bagi para pencinta cokelat. Jarak dari area parkir gunung api purba tidaklah jauh, yakni hanya sekitar 700 meter atau satu menit berkendara.

Tempatnya pencinta cokelat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu rasanya cukup melelahkan usai menempuh perjalanan naik dan turun gunung api purba. Oleh karena itu, lebih baik jika tidak langsung pulang saat sampai kembali ke area parkir, melainkan mampir terlebih dahulu ke Griya Cokelat Nglanggeran.

Berbagai sajian dan olahan cokelat dijual di sini. Jika kondisi tubuh masih lelah usai berkunjung ke gunung api purba, menyantap aneka sajian cokelat merupakan keputusan terbaik untuk dilakukan.

Baca juga: Pantai Ngobaran, Sepotong Bali di Selatan Gunungkidul

Khusus bagi para pencinta cokelat, Griya Cokelat Nglanggeran seolah pantang untuk dilewatkan begitu saja. Di sini mereka bisa menikmati aneka sajian cokelat yang langsung diproduksi oleh masyarakat setempat.

Aneka sajian, mulai dari minuman cokelat hingga cokelat batangan dan dodol cokelat, semuanya bisa dinikmati di Griya Cokela Nglanggeran. Menyantap cokelat usai mendaki gunug api purba seolah mampu mengusir segala lelah seketika.

Bubuk Cokelat yang Dijual di Griya Cokelat Nglanggeran.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Bubuk Cokelat yang Dijual di Griya Cokelat Nglanggeran.
Selain dibuat langsung oleh masyarakat setempat, bahan dasar berupa kakao pun dihasilkan langsung dari perkebunan masyarakat Nglanggeran. Aneka olahan cokelat mulai tanaman kakao sampai bisa dikonsumsi, semuanya dilakukan oleh masyarakat.

Selain bisa dikonsumsi langsung, produk olahan cokelat yang dijual juga dapat dibawa pulang sebagai buah tangan. Aneka olahan cokelat yang bisa dibawa pulang bisa berupa bubuk minuman atau makanan.

Baca juga: Menyusuri Geoforest Watu Payung Turunan, Permata dari Gunungkidul

Jika memutuskan untuk meminum atau memakan olahan cokelat di tempat, maka joglo depan Griya Cokelat Nglanggeran merupakan tempat terbaik. Menyantap cokelat sembari menikmati semilir angin perbukitan Nglanggeran benar-benar menyenangkan.

Jika ingin mampir ke Griya Cokelat Nglanggeran, pengunjung bisa datang pada jam bukanya yakni dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.