Tradisi Padusan, Ribuan Orang Padati Umbul Manten di Klaten

Kompas.com - 07/05/2019, 14:07 WIB
Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

KLATEN, KOMPAS.com – Menjelang Ramadhan tahun ini, beberapa obyek wisata pemandian alam di Jawa Tengah dipadati pengunjung. Mereka datang untuk melaksanakan tradisi padusan sebelum hari pertama puasa.

Salah satu kolam pemandian alami (umbul) yang dipadati pengunjung adalah Umbul Manten. Obyek wisata pemandian alami ini tepatnya berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga: Umbul Leses Boyolali, Sensasi Pemandian Alami di Antara Pohon Raksasa

Setiap tahunnya menjelang Ramadhan, Umbul Manten selalu dipadati banyak pengunjung yang akan melaksanakan tradisi padusan. Tak hanya di Umbul Manten, umbul lain sekitarnya pun seperti Ponggok dan Cokro Tulung juga dikunjungi banyak orang.

Padusan adalah tradisi tahunan masyarakat Jawa yang dilakukan menjelang Ramadhan. Tradisi ini berupa mandi untuk menyucikan diri dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan. Padusan salah satunya dilakukan dengan mengunjungi tempat atau kolam pemandian.

Ribuan pengunjung

Umbul Manten memang merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Klaten. Sumber air yang melimpah di Umbul Manten dan sekitarnya menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata pemandian alami favorit masyarakat.

Menurut pengelola Umbul Manten, Edi Anggara saat ditemui KompasTravel Hari Minggu (05/05/2019), kunjungan terbanyak Umbul Manten memang terjadi ketika momen padusan dan libur Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Umbul Pengging, Pemandian Bernuansa Kerajaan di Boyolali

“Libur lebaran ramai karena banyak yang mudik saat lebaran,” lanjut Edi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X