Kompas.com - 20/06/2019, 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Butuh waktu 20 menit untuk menunggu dua potong pancake ala Jepang di The Pancake Co. by Dore. Saat sedang ramai pengunjung, bahkan butuh waktu 40 menit untuk bisa menyantap pancake yang sedang tren ini.

Buat sebagian orang ini tak lazim, tetapi tentu ada alasan mengapa butuh waktu lama untuk membuat pancake dan tentu ada rasa yang akhirnya menjawab lama penantian.

"Kelihatannya memang mudah membuat pancake ini, tetapi sebenarnya sulit. Chef kami butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa mahir," kata Founder The Pancake Co. By Dore, Yoanita Tombokan di gerai The Pancake Co. by Dore, Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Yoan menjelaskan bahwa pancake ala Jepang tidak sama dengan pancake ala Amerika. Pancake ala Jepang lebih tepat disebut souffle pancake atau nama tenarnya fluffy pancake.

Teksturnya mirip dengan souffle, kue dengan bahan sederhana tetapi butuh teknik dan ketelitian tinggi untuk membuatnya.

Pancake ala Jepang dari The Pancake Co. by Dore.Kompas.com/Silvita Agmasari Pancake ala Jepang dari The Pancake Co. by Dore.

Pertama semua bahan pancake butuh ditimbang secara presisi. Kemudian sebagai restoran pancake, The Pancake Co. by Dore tidak dapat menyetok adonan pancake.

"Kami harus buat adonan kalau ada pesanan. Kalau menyetok, adonannya kempes. Jadi harus saat itu juga," ujar Yoan.

Mesin pengaduk tidak berhenti mengaduk lantaran banyaknya pesanan pancake. Setelah diaduk, adonan pancake lantas dipanggang di atas wajan datar.

Dibalik satu sisi ke sisi lain, dan ditutup agar panas merata sampai ke bagian dalam pancake. Koki pancake juga menggunakan pengatur waktu dan suhu yang harus presisi.

Tekstur yang ringan, lembut, dan mengembang membuat koki harus berhati-hati setiap menyentuh pancake dengan sodet. Salah sedikit saja, pancake dapat pecah dan tak layak disajikan ke konsumen. Lantas butuh waktu 20 menit lagi untuk membuatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.