14 Tempat Wisata Andalan Sawahlunto

Kompas.com - 27/06/2019, 14:08 WIB
Kota Sawahlunto di Provinsi Sumatera Barat. ShutterstockKota Sawahlunto di Provinsi Sumatera Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Sawahlunto di Sumatera Barat berhasil masuk dalam nominasi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Sawahlunto yang tadinya terkenal sebagai kota batu bara kini lebih dikenal sebagai kota wisata.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Sawahlunto yang Masuk Nominasi Situs Warisan Dunia

Ada banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi di Sawahlunto, seperti berikut ini:

1. Danau Biru

Danau ini merupakan bekas galian tambang batu bara. Saat ini difungsikan sebagai tempat wisata dengan danau berair biru yang menjadi latar untuk berfoto.

2. Lubang Mbah Soero

Ini merupakan lobang tambang pertama di Sawahlunto. Lokasinya berada di Lembah Soegar. Sejak tahun 2007 lobang ini dibuka untuk dijadikan wisata menelusur terowongan sepanjang 1,5 kilometer.

3. Museum Goedang Ransoem

Museum ini dahulu adalah dapur umum, tempat mengolah makanan para pekerja tambang. Di dalamnya menyimpan peralatan masak raksasa yang digunakan untuk memasak saat itu. Selain dapur, kompleks museum juga terdiri dari beberapa bangunan seperti galeri etnografi, galeri Malaka, dan Iptek Center.

4. Makam Belanda Sawahlunto

Sebagai bekas pemukiman orang Belanda sebelum Indonesia merdeka, Sawahlunto memili banyak peninggalan dengan ciri Belanda. Termasuk kuburan tua Belanda. Kubur besar dengan dekorasi ala Eropa ternyata memberi kesan gothic dan dijadikan tempat berfoto.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X