Artotel Buka di Semarang, Hotel Rasa Galeri Seni

Kompas.com - 01/07/2019, 11:58 WIB
Lukisan mural Diela Maharanie di kamar Artotel Gajahmada Semarang. Kompas.com/Silvita AgmasariLukisan mural Diela Maharanie di kamar Artotel Gajahmada Semarang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artotel Group resmi membuka hotel ke-10 di Indonesia, yakni Artotel Gajahmada di Semarang, Jawa Tengah. Untuk racangan bangunan, Artotel mengandeng arsitektur ternama Indonesia yakni Andra Matin.

Sedangkan seniman ternama Eko Nugroho dan lima seniman lokal lain bertanggung jawab mengisi setiap sudut Artotel Gajahmada dengan lukisan dan instalasi seni.

"Ibu Mia (pemilik Hotel Artotel Semarang, Humana Demiatri) menginginkan sesuatu yang bisa diturunkan ke generasi berikut tetapi tidak mau yang biasa, kebetulan kami sekeluarga memang suka seni. Semoga Artotel Semarang bisa menjadi daya tarik di Semarang dengan disebut dua nama maestro ini (Andra Matin dan Eko Nugroho)," kata Steven Virgianda perwakilan dari PT Humana Demiatri Agung.

Baca juga: Setelah Thamrin, Artotel Kini Beroperasi di Wahid Hasyim

Hotel yang berada di Jalan Gajahmada Nomor 101, Miroto ini memiliki fasad bangunan yang unik. Didominasi fasad bangunan warna hitam yang tidak memperlihatkan batas lantai gedung.

Artotel Gajahmada Semarang.Kompas.com/Silvita Agmasari Artotel Gajahmada Semarang.

Di dalam bangunan tak kalah unik, Andra Matin merancang bangunan Artotel Semarang layaknya sebuah galeri seni berbentuk spiral.

Baca juga: Hotel Artotel di Bandung Ini Padukan Konsep Heritage, Modern, dan Seni

Ada ramp (tanjakan) sehingga pengunjung secara otomatis akan dibawa menuju alur ruangan yang berisi lukisan atau instalasi seni. Berujung ke meja resepsionis atau restroran yang siap menyambut tamu hotel.

Di beberapa sudut Artotel berisi lukisan dari para seniman lokal. Tak terkecuali di dalam kamar tidur tamu, ada lima seniman lokal yakni Bunga Jeruk, Diela Maharanie, Ummie Damas, Horestes Vicha, dan Zaky Arifin yang masing-masing bertanggung jawab akan lukisan di satu lantai kamar Artotel Gajahmada.

Lukisan mural Eko Nugroho di Artotel Gajahmada Semarang.Kompas.com/Silvita Agmasari Lukisan mural Eko Nugroho di Artotel Gajahmada Semarang.

Artotel Gajahmada sendiri memiliki 80 kamar artistik dengan tiga luas pembeda, yakni 25,30, dan 55 meter persegi. Terdapat dua restoran yakni Fat Elephant Restaurant yang buka 24 jam dengan lukisan mural besar karya Eko Nugroho di sana.

Kemudian 11/12 Rooftop Bar di lantai 12. Diklaim sebagai yang pertama di Semarang dengan suguhan pemandangan Semarang 360 derajat. Fasilitas lain adalah ruang pertemuan yang dapat menampung maksimal 20 orang.

Untuk momen pembukaan, Artotel Gajadhamda juga menyelenggarakan pameran seni dari Eko Nugroho dan KRACK! Studio di Artspace sampai 31 Juli 2019. Momen pembukaan ini juga menjadi momen promo harga kamar mulai Rp 720.000 per malam untuk tipe 25.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X