Gunung Gulgulan, Gunung yang Tak Kalah Cantik dekat Gunung Piramid

Kompas.com - 09/07/2019, 07:41 WIB
Pemandangan dari Gunung GulgulanDok. RMB Pemandangan dari Gunung Gulgulan

KOMPAS.com – Nama Gunung Piramid, ikut menjadi sorotan belakangan ini semenjak terjadi kasus jatuhnya Thoriq Rizky Maulidan.

Thoriq ditemukan meninggal setelah lebih dari sepekan dinyatakan hilang usai mengejar sunset ke Gunung Piramid bersama teman-temannya di gunung tersebut.

Gunung Piramid sendiri berada di jajaran Pegunungan Hyang Argopuro. Kepada KompasTravel, Rara, seorang pendaki yang pernah mendaki Gunung Piramid mengungkapkan bahwa Gunung Piramid memiliki pemandangan indah yang ingin membuatnya kembali lagi dan lagi.

Sebetulnya tak hanya Gunung Piramid, Bondowoso dianugerahi alam yang luar biasa. Di sekitar Gunung Piramid juga terdapat gunung-gunung lain yang juga tak kalah elok. Salah satunya adalah Gunung Gulgulan.

Gunung Gulgulan berada di sisi timur Gunung Argopuro, tepatnya berada di sisi selatan Gunung Piramid. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.406 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut penuturan Nanda Setyawan, salah satu anggota Relawan Muda Bondowoso (RMB), Gunung Gulgulan disebut demikian lantaran kata gulgulan memiliki artian “pundak sapi”.

“Gulgulan itu pundaknya sapi. Karena kalau dilihat dari atas itu, seperti pundak sapi,” tuturnya.

Dari penuturan Nanda, waktu terbaik mendaki Gunung ini adalah saat pagi, lantaran dari atas awan-awan berserakan bisa terlihat.

Serakan awan Gunung GulgulanDok. Imam Syafii Serakan awan Gunung Gulgulan

"Bisa dapat pemandangan di atas awan kalau pagi," ujarnya.

Tak seperti Gunung Piramid dimana area campground-nya sempit. Jika berada di Gunung Gulgulan area campground lumayan luas untuk menampung beberapa tenda. Pun dengan puncaknya bisa untuk mendirikan tenda.

Campground lumayan luas, bisa mendirikan beberapa tenda,” tutur Pakabon admin @bondowosoexplorer sekaligus pegiat wisata sekitar.

Meski demikian, tetap saja jalur pendakian Gunung Gulgulan tidak bisa dipandang remeh. Kewaspadaan dan peralatan yang memadai diperlukan. Mendaki gunung ini paling tidak diperlukan waktu 5 jam. Gunung Gulgulan juga memiliki kemiringan menantang pada punggungan gunung. Namun demikian cenderung lebih aman.

“Jalurnya lebih mudah dan masih pepohonan. Tidak seperti Piramid yang langsung ke jurang,” tutur Pakabon.

Untuk menuju Gunung Gulgulan dari kota menuju Pasar Dadapan, belok kanan menuju desa Wonosari dusun Patirana. Nantinya di sana terdapat basecamp Gunung Gulgulan dimana wajib bagi pendaki untuk mengisi data diri.

Di basecamp sudah terdapat penjual yang menjual kebutuhan mineral dan logistik.

Nanda menyarankan tentunya akan lebih baik jika pendakian menggunakan jasa pemandu wisata karena selain lebih aman, pendakian Gunung Gulgulan supaya lebih bisa memberdayakan masyarakat setempat.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X