KILAS

Bintan Perkuat Posisi sebagai Destinasi Sport Tourism Kelas Dunia

Kompas.com - 25/08/2019, 12:11 WIB
Olahraga sepeda turut dilombakan pada event sport tourism Ironman 70.3 2019 yang digelar di Bintan, Riau. Dok. KemenparOlahraga sepeda turut dilombakan pada event sport tourism Ironman 70.3 2019 yang digelar di Bintan, Riau.

KOMPAS.com – Sebagai salah satu wilayah yang terletak di kawasan perbatasan, Kepulauan Riau (Kepri) memiliki peran penting bagi kemajuan pariwisata Indonesia.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata ( Kemenpar) Rizki Handayani, Kepri didukung dengan amenitas, atraksi, serta aksesibilitas yang mumpuni, sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara ( wisman).

"Kepri itu sangat luar biasa. Sektor pariwisatanya menunjukkan perkembangan pesat. Dengan peran serta semua pihak dalam menggelar atraksi yang berkelas tentu makin membuka pintu bagi wisman masuk,” ujar Rizki.

Imbasnya, kata dia, bukan saja terdongkraknya angka kunjungan wisata, tetapi juga kemajuan sektor ekonomi Kepri dari kepariwisataan.

Baca juga: 6 Wisata Kepulauan Riau, Kecantikannya Tak Perlu Diragukan

Dari sekian banyak pilihan destinasi wisata di Kepri, wilayah Bintan menjadi salah satu destinasi sport tourism unggulan Indonesia. Maka tak heran jika salah satu ajang triathlon paling menantang di Asia, Ironman 70.3, diselenggarakan di Bintan.

Kelapa Dinas Pariwisata (Kadispar) Bintan Wan Rudy Iskandar memprediksi, sebanyak 4.500 wisman serbu gelaran Ironman 2019. Menurutnya, kali ini peserta Ironman mencapai 1.200 orang dan mereka tidak datang sendirian.

“Keluarga mereka pun berbondong-bondong datang ke Bintan. Dengan keluarganya bisa 4.500 hingga 5.000 wisatawan jumlahnya. Makanya ini sebuah promosi yang sangat baik bagi destinasi Bintan dan beyond,” katanya.

Hal itu menjadi angin segar bagi sektor pariwisata Bintan. Selain dapat memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia, gelaran tersebut diharapkan dapat memenuhi kuota 20 persen dari perolehan wisman di Provinsi Kepri.

Baca juga: Siap-siap, Bintan Akan Kembali Gelar Triathlon Ironman 70.3

Untuk diketahui, Kepri memiliki target 1,4 juta kunjungan wisman sepanjang tahun 2019. Wan Rudy yakin, dengan ajang tersebut Bintan dapat memenuhi target wisman.

Saat ini sudah sampai 300.000 lebih wisman yang mengunjungi Bintan, kita akan kejar terus target yang ada," paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (25/8/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X