KILAS

Siap-siap, Bintan Akan Kembali Gelar Triathlon "Ironman 70.3"

Kompas.com - 13/08/2019, 11:01 WIB
Salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada event sport tourism Ironman 70.3 2019 yang digelar di Bintan, Riau. Dok. KemenparSalah satu cabang olahraga yang dilombakan pada event sport tourism Ironman 70.3 2019 yang digelar di Bintan, Riau.

KOMPAS.comBintan kembali menjadi tuan rumah untuk event sport tourism bertaraf internasional lomba triathlon, Ironman 70.3. Namun kali ini, pesertanya ditenggarai bakal lebih membludak.

Pasalnya, sebanyak 882 peserta dari 55 negara sudah mendaftarkan diri dalam kompetisi olahraga yang akan digelar pada Minggu (25/8/2019) mendatang. Jumlah ini pastinya masih terus bertambah.

“Karena target kami adalah 1.200 peserta,” papar Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty membenarkan bahwa kegiatan Ironman 70.3 selalu dibanjiri peserta.

Baca juga: Ironman 70.3 Kembali Digelar di Bintan

Itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta tahun 2018 dari tahun sebelumnya.

Olahraga sepeda turut dilombakan pada event sport tourism Ironman 70.3 2019 yang digelar di Bintan, Riau.Dok. Kemenpar Olahraga sepeda turut dilombakan pada event sport tourism Ironman 70.3 2019 yang digelar di Bintan, Riau.
“Pada 2018 jumlah peserta mencapai 1.245 yang terdiri dari 225 peserta wanita. Jumlah ini meningkat 19 persen dibanding 2017. Sedangkan jumlah peserta pria menyentuh angka 1.020 orang atau naik hingga 81 persen dibandingkan 2017. Ini membuktikan jika event ini sangat diminati,” ungkap Esthy.

Bahkan Eshty semakin optimis, karena para atlet yang ambil bagian dalam Ironman 70.3 kali ini pun berasal dari negara yang terbilang tidak main-main dalam olahraga triathlon.

Sebut saja Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, Japan, India, Prancis, New Zealand, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Merapat ke Bintan, Penumpang Kapal Genting Cruise Kunjungi Pantai Lagoi

Menariknya, 34 persen peserta yang teregistrasi adalah wajah-wajah lama alias peserta lomba tahun lalu.

Sisanya adalah para peserta baru, yang mengaku mengetahui event tersebut lewat email, mesin pencarian Google, media sosial Facebook dan Instagram, serta dari rekan satu tim.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan untuk mendatangkan banyak wisatawan mancanegara ke event sport tourism ini caranya adalah lewat promosi.

“Dalam sport tourism, hal terpenting adalah hadiah. Namun itu juga tidak ada artinya jika promosi tidak dilakukan dengan benar,” tegasnya.

Baca juga: Tawarkan Konsep Nomadic Tourism, The Canopi Hadir di Bintan

Beruntungnya, lanjut Arief, Bintan sudah mengetahui strategi guna mempromosikan event tersebut.

“Sebagai border area, Bintan menyasar peserta asal Singapura dan Malaysia. Apalagi di sana banyak ekspatriat. Ini yang membuat event mereka selalu ramai,” pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X